Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Porwanas Dibuka Menpora, Stadion Meriah


Palembang: Begitu sirene dibunyikan oleh Menpora Andi Alifian Mallarangeng bersama Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, dan Ketua PWI Pusat, Margiono, resmilah Porwanas X dibuka di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Kamis (4/2) siang. Sekitar 3.000 penonton yang menyaksikan acara itu bergemuruh. Suasana di dalam stadion pun meriah.

Dalam sambutannya Menpora mengharapkan Porwanas mampu menjadi ajang kebangkitan olahraga di Tanah Air. Peran pers dalam mengembag olahraga sangat besar. Pers sering menjadi pelopor dimulainya peristiwa-peristiwa olahraga, misalnya ketika TVRI menyiarkan siaran langsung pesta olahraga Asian Games pada 1962 di Jakarta. Dan, sekarang dengan bertempat di Palembang sebagai salah satu tempat penyelenggaraan SEA Games 2011, Porwanas diharapkan mampu memberikan arahan kepada wartawan untuk turut mensuskseskan pelaksanaan SEA Games tahun depan.

"Mudah-mudahan dengan penyelenggaraan ini Palembang, umumnya Sumatera Selatan sukses menjadi tuan rumah SEA Games," ujar Menpora disambut tepuk tangan ribuan penonton yang memadati stadion Bumi Sriwijaya Palembang.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin memberikan sambutan dengan berharap Porwanas menjadikan arena ini sebagai tempat latihan meliput SEA Games nanti. "Tulislah apa yang ingin ditulis di sini, sangat terbuka," ujarnya.

Ia berjanji kalau sekarang Menpora meninjau tempat-tempat yang akan dijadikan arena pertandingan SEA Games masih berupa rawa-rawa, tapi tahun depan sudah berdiri stadion.

Ketua PWI Pusat, Margiono, menyebut Porwanas kali ini sebagai arena yang paling besar dan meriah. Diikuti oleh 30 provinsi dengan melibatkan 1.600 atlet (wartawan) dalam 12 cabang olahraga. Porwanas akan berlangsung hingga 8 Februari mendatang. Dalam pembukaan hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, dan Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf. Menpora sendiri didampingi oleh ibu Andi Mallarangeng. 

Pembukaan didahului oleh defile peserta, tarian tradisional, hingga barongsai. Penonton yang hadir cukup terhibur dengan berbagai atraksi yang dipertunjukkan. (todi)