Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Wajar Bila Pemuda Indonesia Diundang ke Forum Dunia


Menpora Andi Mallarangeng, hari Rabu (3/2) malam di ruang kerjanya,menerima panitia One Young World, yaitu Febri dan Shinta Danu, yang akan berangkat ke London untuk bertemu beberapa tokoh dunia antara lain Coffi Annan dan Bob Geldof. (foto: muchlis/kemenpora.go.id)
Jakarta: Hari Rabu (3/2) malam, Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Alifian Mallarangeng di ruang kerjanya menerima panitia One Young World yang akan berangkat ke London. Mereka adalah Febri dan Shinta Danu. Program One Young World digagas beberapa tokoh dunia, diantaranya mantan Sekjen PBB Koffi Anan dan pemusik Bob Geldof.

Menpora menerima keduanya didampingi Adiyati Nurdin yang menangani Pengembangan Pemuda dan Hubungan Internasional Kemenpora. Program yang baru pertama kali akan diadakan ini mengundang pemuda-pemudi dari seluruh dunia untuk berkumpul di sebuah pertemuan di kota London, Ingris, tanggal 8-10 Februari 2010 mendatang. Dalam forum itu para anak muda yang berusia antara 23 s/d 27 tahun itu akan menyampaikan pendapat atau gagasan di depan para konselor, dan kemudian gagasan mereka akan disusun menjadi sebuah resolusi besar dunia, yang hasilnya akan disampaikan oleh para konselor ke seluruh pemimpin dunia saat ini.

Kepada para tamunya, Menpora Andi Mallarangeng menyatakan kebahagiannya karena orang muda Indonesia mendapat kesempatan juga untuk masuk ke dalam ajang internasional, bertemu dengan anak-anak muda dari negara lain yang berbicara mengenai isu-isu masalah umat manusia di dunia, yang kemudian bisa menjadi modal bagi mereka kembali ke tanah air untuk membangun negaranya dalam konteks global community.

"Presiden SBY telah mencanangkan agar masing-masing anak muda Indonesia menguasai sedikitnya tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerahnya agar akar budaya tetatp terjaga, dan minimal satu bahasa asing lainnya. Pengusaan bahasa asing harus didorong, karena ini penting untuk dapat bersaing dan bersanding dalam kancah dunia internasional," kata Menpora.

Menurut Menpora, Indonesia adalah negara besar dunia dan anggota negara G-20. Berarti 20 negara yang turut mempengaruhi, mengatur dan mengurusi ekonomi dunia. "Karena itu wajar bila semakin banyak anak-anak muda Indonesia dan orang-orang Indonesia ikut serta dalam berkontribusi secara positif terhadap bagaimana dunia dapat  diatur menjadi lebih baik. Untuk itu, tentu saja dimulai dengan orang-orang mudanya dengan networking dengan orang-orang muda dari seluruh dunia dengan mendapatkan inspirasi dari
tokoh-tokoh dunia seperti Koffi Anan. Ini hal yang uar biasa," kata menteri. (rin)