Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora Beri Pemaparan Dalam Sarasehan Kecil Olah Raga


Jakarta: Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng memberikan pemaparan pada Sarasehan Kecil Pengarusutamaan Olah Raga Menuju Kebangkitan Prestasi Olah Raga Nasional di aula Wisma Karsa Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Senin (1/2).


Dalam pemaparannya, Menpora mengatakan, sarasehan tersebut diperlukan untuk menampung berbagai usulan dari semua pihak yang terlibat dalam memajukan olahraga nasional. Usulan tersebut nantinya ditampung sebagai masukan dalam membuat kebijakan strategis Kementrian Pemuda dan Olah Raga.


Menpora mengatakan, kepemudaan dan olah raga harus menjadi arus utama kegiatan masyarakat. Hal tersebut diperlukan untuk mempermudah memasyarakatkan olahraga baik olahraga rekreasi, olah raga pendidikan hingga olahraga prestasi.


“Kalau semua orang sudah memberikan perhatian kepada bidang kepemudaan dan olahraga, maka sebagian tugas Kementrian Pemuda dan Olah Raga sudah selesai,” ujarnya. 


Selain Menpora, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo juga berperan sebagai pengisi materi dalam sarasehan tersebut. Ketua Panitia Sarasehan Kecil, Deputi Bidang Kewirausahaan, Pemuda dan Ilmu Pengetahuan Olah Raga Sudrajat Rasyid mengatakan, sarasehan tersebut merupakan forum komunikasi lintas pemangku kepentingan di bidang keolahragaan untuk saling memberi masukan, sumbang saran, pemikiran, konsep juga kritik yang membangun untuk mengembangkan dan mencapai kejayaan olahraga nasional.


"Seminar sarasehan kecil ini menghimpun masukan dari berbagai pemangku kepentingan untuk mengembangkan program inovatif pengarusutamaan olahraga nasional, menghimpun pemikiran kreatif dan inovasi yang memberikan kontribusi positif bagi olah raga pendidikan, olah raga prestasi dan olah raga rekreasi," katanya.


Menurutnya, berbagai saran dan gagasan konsep akan dijadikan bahan untuk merumuskan kebijakan dan program pengarusutamaan olahraga menuju kebangkitan prestasi olahraga nasional dan program kreatif untuk menjadikan olahraga sebagai  gaya hidup, budaya masyarakat dan wahana memposisikan kemartabatan dan keberadaban bangsa Indonesiadalam berbagai ajang olah raga internasional.


Sarasehan yang dipandu oleh Prof. Hari Setiono dan Hinca Panjaitan itu diikuti oleh perwakilan pengurus besar berbagai cabang olah raga, perwakilan KONI/KOI pusat dan daerah, atlet, mantan atlet, perwakilan kementrian terkait, akademisi hingga pelaku industri olah raga dan wartawan. Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf yang juga mantan atlet taekwondo hadir dalam sarasehan kecil itu. (mal)