Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Andi Mallarangeng Resmikan Portal Baru Kemenpora


Menpora Andi Mallarangeng menjelaskan isi portal pada peluncuran www.kemenpora.go.id, di Wisma Karsa kantor kemenpora, hari Senin (1/2)pagi. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Kementerian Pemuda dan Olah Raga meluncurkan portal dan logo baru Kemenpora.  Peluncuran portal dengan domain www.kemenpora.go.id serta logo  dilakukan oleh Menpora Andi Mallarangeng, di ruang teater Wisma Karsa,  kantor kemenpora, Senayan, dengan dihadiri Ketua KONI Rita Subowo, pengurus KONI , beberapa Pengurus Besar cabang olah raga dan para wartawan.

Menurut Menpora Andi Mallarangeng, hari ini adalah hari yang baik yang sekaligus bertepatan  dengan pengunjung 100 hari pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II. Tetapi ada atau tidak ada program 100 hari, portal ini memang harus hadir. Portal ini harus hadir untuk memberikan informasi kepada semua pemuda dan olahraga di Indonesia tentang berbagai kegiatan dan perkembangan pemuda dan olahraga di seluruh tanah air. Portal ini bahkan bersifat interaktif sehingga setiap pemuda dan olah raga dapat mengirim berita tentang kegiatan masing-masing untuk dimuat di dalam portal ini."Belum ada portal yang memberitakan kegiatan kepemudaan dan olah raga. Portal yang interakktif, misalnya seorang siswa di Merauke bisa memberitakan kegiatan olah raga di tempatnya, bisa mengirimkan informasi kegiatannya di portal ini. Demikian juga bila ada gugus depan di tempat terpencil, bisa mengirimkan berita kegiatannya di portal ini. Begitu pula OKP-OKP bisa mengirimkan berita kegiatannya di portal ini," kata menteri."Jadi OKP-OKP pemuda, Gugus Depan Pramuka, mahasiswa dan pelajar, pengurus cabang olah raga, maupun club-club olahraga, dan sebagainya,dipersilakan menulis berita tentang kegiatan masing-masing untuk dimuat sebagai berita dalam portal ini. Jangan lupa kirim foto-fotonya biar lebih menarik," katanya.

"Lebih dari itu, lanjut Andi Mallarangeng, bahwa portal ini juga dibutuhkan olehkementrian ini untuk memperkuat team-work dari organisasi kementrian ini. “ Sebelum adanya portal ini, staff yang ada di satu unit tak bisa tahu apa yang sedang dilakukan oleh unit yang lain. Portal ini adalah bagian dari upaya untuk mengubah sistem kerja yang bersifat silos, yaitu lumbung vertikal yang tak berhubungan satu sama lain, menjadi sistem kerja gedheg (bahasa Jawa), gamacca (bahasa Bugis), yaitu sistem kerja dimana semua unit saling jalin menjalin berhubungan satu sama lain. Justru sistem kerja gedheg dan gamacca inilah yang merupakan sistem kerja organisasi modern,” kata Menteri yang akrab disapa Andi (win)