Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Jambore dan Raimuna di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Tangerang


Menpora Andi Malarangeng menyematkan lencana pada santri Pramuka pada Jambore dan Raimuna antar pesantren, di pondok pesantren Daar Er-Qolam, di Gintung, Jayanti, Tangerang, hari Minggu (31/1) sore. (foto: bagus/kemenpora.go.id)
Tangerang: Hari Minggu sore Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Malarangeng berkunjung ke pondok pesantren Daar Er-Qolam, di Gintung, Jayanti, Tangerang, untuk membuka Jambore dan Raimuna antar pesantren menyambut milad atau ulang tahun ke-42 Pondok Pesantren Daar El-Qolam.

Selama Jambore dan Raimuna yang diikuti santri se Jawa dan Sumatera ini, para peserta menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam berkomunikasi. Ide jambore bahasa ini mendapat sambutan yang sangat positif dari Menpora. Menurut Andi Mallarangeng, jambore bahasa merupakan ide yang sangat kreatif, membuat minat anak muda terhadap Pramuka menjadi bangkit, karena dilakukan secara kreatif apalagi dilakukan dengan berbasis pesantren.

“Dengan mengikuti Jambore dan Raimuna ini para peserta mendapat semua ilmu, baik  ilmu agama, ilmu pengetahuan dan kepramukaan. Saya juga senang hadir pada acara ini, karena ini adalah milad pesantren, dengan beberapa kegiatan salah satunya Jambore Pramuka. Memang kita semua sepakat bahwa Pramuka harus kita galakkan kembali dan kita gelorakan kembali. Ternyata di pesantren pun Pramuka terus hidup dan bahkan semakin berkembang," (rin)