Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Training of Trainer di Batam


Batam: Untuk meningkatkan peran pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olah Raga menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Kader Pengembang Moral Etika Pemuda Indonesia. Dari pelatihan ini diharapkan muncul kesadaran, motivasi, dan kapasitas peserta dalam mengembangkan karakter pemuda, termasuk juga peningkatan kemampuan dalam mengelola kegiatan pengembangan karakter pemuda di tengah masyarakat.


Pelatihan berlangsung dari tanggal 1 s/d 3 Juli 2010 di Batam  Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi Kepulauan Riau adalah propinsi ke 23 yang menyelenggarakan TOT dengan peserta pemuda berasal dari seluruh kabupaten/kota.  Kegiatan dibuka oleh Deputi Menpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Sakhyan Asmara didampingi Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Mohammad Darwin.


Dalam sambutannya Sakhyan Amara menyebut  kapasitas bangsa Indonesia harus dibarengi dengan peningkatan karakter mulia, agar negeri ini menjadi bermartabat dan sejahtera. Oleh karena itu upaya pembangunan karakter tersebut perlu diperluas menjangkau masyarakat yang lebih banyak. "Seluruh elemen bangsa harus mengambil peran yang signifikan dan pemuda harus menjadi pelopor gerakan ini secara mandiri. Sebaiknya alumni TOT yang tergabung dalam Forum Alumni Kader Pengembang Moral Etika Pemuda Indonesia  mampu menumbuhkan prakarsa gerakan penguatan karakter mulia ini dengan lebih massif lagi.


Sebelumnya, Imam Gunawan, Asisten Deputi Pengembangan Iptek dan Imtaq, sebagai penanggungjawab kegiatan mengemukakan pentingnya pengembangan karakter dilakukan di luar kelas. Peserta dibekali dengan kemampuan mengelola kegiatan out-door menggunakan pendekatan yang efektif  sesuai kebutuhan. Hingga saat ini tak kurang dari 1200 pemuda telah mengikuti pelatihan ini baik pada tingkat nasional maupun pelatihan tingkat propinsi. Lebih jauh Imam mengatakan bahwa dalam tahun 2010 ditargetkan akan memfasilitasi sebanyak 3180 pemuda kader. (amr)