Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Bimbingan Teknis Legal Drafting di Jabar


Bandung: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), bekerjasama dengan Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat hari Selasa  (29/6) melaksanakan kegiatan “Bantuan dan Bimbingan Teknis Legal Drafting” dan  “Konsultasi  Publik untuk menampung aspirasi masyarakat di daerah dalam upaya menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah dan Rancangan Peraturan Menteri sebagai pelaksana Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan” di Bandung, Jawa Barat

“Ada tiga hal mendasar mengenai isu kepemudaan sekarang ini yaitu visi generasi muda, kompetensi generasi muda, dan karakter generasi muda”, kata Kepala Dispora Jabar, Amung Makmun. Menurutnya, Bimtek Legal drafting dan konsultasi publk adalah  upaya pemerintah untuk  menyerap aspirasi sekaligus memberikan pemahaman di daerah.

Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian besar stakeholder keolahragaan dan kepemudaan, Hadir pula sebagai nara sumber antara lain Prof. Mansjur Efendi, SH, MS, Guru Besar STIH IBLAM, Teguh Supriayadi, SH, LLM, Sekretariat Kabinet, Bunjamin, SH, MH, Kementerian Hukum dan HAM dan Dr. Mualimin Abdi, SH, MH, Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelumnya, Sakhyan Asmara, Deputi Menpora Bidang Pemberdayaan Pemuda saat membuka menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat khusunya Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda atas kesediaannya sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut.
Menurut Sakhyan, dalam melakukan proses pembangunan kepemudaan, setidaknya harus mengacu pada grand design pembangunan kepemudaan, yaitu mengutamakan pemuda, sehingga pemuda menjadi bagian yang senantiasa melekat dan tak terpisahkan dalam setiap program pembangunan.(nas)