Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Wapres Boediono akan Buka Pospenas di Jatim


Jakarta: Rapat persiapan jelang Pekan Olah Raga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) V Tahun 2010, Kamis (1/7) sore di Ruang Rapat Sekretariat Wakil Presiden RI memastikan Wakil Presiden Boediono didampingi Ibu Herawati Boediono akan membuka Pospenas V Tahun di Stadion Delta Sidoarjo Jawa Timur 5 Juli. Rencananya, pembukaan Pospenas akan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Presiden diiringi pemukulan 8 bedug oleh para santri.

Dalam rapat yang dipimpin Sapto Harjono, Kepala Bagian Acara dan Protokol pada Bagian Protokol Kewapresan, Wakil Presiden  bersama sejumlah menteri dijadwalkan akan tiba di Sidoarjo sekitar pukul 19.30. Setiba di Bandara Juanda Surabaya,  Wapres Boediono dan rombongan akan langsung mengikuti rangkaian kegiatan pembukaan.  "Wakil Presiden beserta Ibu Herawati Boediono akan tiba di Bandar Udara Juanda dan disambut Gubernur Jawa Timur, Ketua DPRD  Jatim dan anggota Muspida Provinsi Jawa Timur," ujar Sapto.

Pelaksanaan Pospenas V yang akan diselenggarakan di Jawa Timur tanggal 5 s/d 11 Juli 2010.  Pospenas V diperkirakan akan dihadiri 20 ribu orang santri. Seluruh provinsi telah menyatakan kesiapannya mengirimkan santri dari setiap pondok pesantren berusia 12 hingga 18 tahun.

Sebanyak 12 cabang olahraga prestasi dan 9 cabang seni diperlombakan, antara lain olahraga atletik, renang, bola voli, bola basket, tenis meja, pencak silat, sepakbola, bulu tangkis, sepaktakraw, karate, catur dan senam santri. Dari cabang seni, antara lain lomba qasidah (rebana, alternatif dan santri idol), kaligrafi (kaligrafi murni, seni lukis kaligrafi, kaligrafikolase), pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), puitisasi terjemahan Al Qur'an cipta puisi islami, lomba cipta puisi isi kandungan Al Qur'an, fragmen islami, seni kerajinan, fotografi Islami.(rma)