Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kerja Sama Indonesia-Turki akan Berlanjut di Bidang Olahraga


Istanbul, Turki: Kalau menyimak sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam jamuan makan malam kenegaraan oleh Presiden Turki, Abdullah Gull, Rabu (30/6) malam di Istana Istanbul, bukan tidak mungkin kerja sama Indonesia dengan Turki akan berlanjut di bidang olahraga, khususnya sepakbola.

Dalam sambutan pada acara kenegaraan yang dihadiri juga oleh Menpora Andi Mallarangeng dan beberapa menteri dan tokoh Indonesia lainnya, SBY menyinggung soal olahraga dan sepakbola. Ia mengungkapkan, keinginan Indonesia untuk bekerja sama dengan Turki di bidang olahraga khususnya sepakbola. Presiden mengundang Presiden Turki untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan yang diundang bukan hanya sang Presiden tapi juga tim nasional sepakbola Turki atau klub sepakbolanya, seperti klub yang sudah malang melintang di arena Eropa, Galatasaray.

"Hal ini sangat menggembirakan. Di tengah sambutan pada bidang-bidang strategis, Presiden juga menyinggung soal bidang olahraga. Kita tahu tim nasional Turki memiliki prestasi dunia. Mereka pernah menjadi juara ketiga Piala Dunia 2003, lalu semifinali Piala Eropa 2008, dan mempunyai klub Galatasaray, sangat wajar kalau kita ingin belajar dari mereka," ujar Menpora.

Di tengah susana Piala Dunia 2010 yang sedang berlangsung di Afrika Selatan, pembicaraan kedua negara dalam acara resmi itu juga diwarnai oleh sepakbola. "Kita tahu bapak Presiden kita pecinta sepakbola, begitu pula dengan Presiden Turki, yang mantan pemain sepakbola juga," kata Andi.

Menpora turut melepas rombongan SBY ke Arab Saudi untuk melakukan Umroh pada Kamis (1/7) pagi dari hotel Conrad Istanbul. Sementara itu, Menpora beserta istri, Staf Ahli Kemenpora Johar Arifin Husin dan Asisten Deputi, Adiati Nurdin akan mengunjungi markas klub Galatasaray siang ini. (todi)