Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora Disambut Muda-Mudi Pasiad Turki


Istanbul, Turki. Bersamaan dengan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Istanbul, Turki, pada Rabu (30/6) pagi waktu setempat, Menpora Andi Mallarangeng yang ikut mendampingi SBY disambut meriah pula oleh muda-mudi dari Association of Social and Economic Solidarity with Pasific Countries (Pasiad) di hotel Conrad, Istanbul.

Mereka yang rata-rata berpendidikan SMA menyambut dengan suka cita bersalaman, kemudian diakhiri oleh foto bersama. "Ya dong, senang sekali. Apalagi bisa berjumpa karena untuk memompa semangat kami untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi," ujarHielta Patmanusa, pelajar SMA asal Rembang.

Mereka kebanyakan didatangkan dari Indonesia, namun bukan berarti tidak ada mahasiswa atau pelajar yang sekolah di Turki. Di Indonesia, Pasiad dengan ada di tujuh kota, yakni di Semarang, Bandung, Aceh, Cirebon, Depok, dan Tangerang. Berdiri pada tahun 1994, Pasiad murni merupakan sebagai lembaga swadaya (NGO) yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial dan berpusat di Turki.

"Saya senang kehadiran mereka. Ini membuktikan bahwa kerja sama Turki dengan Indonesia sudah lama terjalin, dan tentu harus ditingkatkan," ujar Menpora di tengah kerubungan pelajar maupun mahasiswa Pasiad.

Menpora berharap, mereka menempih pendidikan dengan sungguh-sungguh sehingga bila kelak lulus berhasil menyumbangkan tenaga maupun pemikiran untuk kemajuan dua negara.

MenurutErsin Karaoglan, sekjen Pasiad, lulusan sekolah-sekolah Turki di Indonesia hampir 30 % memperoleh beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke berbagai universitas ternama di Turki. Mereka yang sudah lulus banyak yang kembali ke Indonesia maupun bekerja di Turki. "Kami seharahkan kepada anak didik tentang keinginan mereka untuk mengabdi," ujarnya. (todi)