Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Mari Dukung Pramuka


Jakarta: Di ruang kerjanya  Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Alifian Mallarangeng menerima kunjungan pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka yang diketuai oleh Azrul Azwar. Pertemuan yang direncanakan untuk membicarakan Revitalisasi Gerakan Pramuka ini membicarakan mengenai keinginan Presiden yang disampaikan saat membuka Jambore Nasional, yaitu mengenai keinginan Presiden agar modul-modul Pramuka dapat ditinjau kembali , pelatihan Pembina yang berkelanjutan dan mengenai keinginan Presiden agar gerakan Pramuka dibuat menjadi lebih menarik. 

Secara umum dalam pertemuan tersebut Menpora mendukung rencana – rencana program revitalisasi yang diajukan oleh Kwarnas. Pada program pertama untuk menjawab tantangan revitalisasi dari Presiden, Kwarnas sedang merevisi modul – modul dan berencana untuk segera menerbitkan modul – modul baru yang lebih menarik dan aplikatif. 

Salah satu rencana adalah menemukanmodul yang aplikatif dimana dengan mempunyai pengalaman di Kepramukaan dimasa depan kemampuan tersebut dapat membuahkan pekerjaan bagi seorang Pramuka. Program kedua, Pelatihan Pembina yang berkelanjutan (suistainable training trainer). Calon Pembina akan dipersiapkan dalam suatu diklat dan harus melalui proses standarisasi, sertifikasi, registrasi, lalu lisensi sebagaimana hal dengan gerakan Pramuka di Negara lain untuk kemudian dapat ditempatkan dalam gugus depan (gudep). 

Tidak lupa Menteri mengingatkan agar para Pembina ini dapat selalu terdeteksi keberadaannya mengingat adanya kemungkinan mutasi bagi Pembina ke gugus depan atau sekolah lain. Program Ketiga, merancang Gerakan Pramuka menjadi suatu kegiatan yang menarik. Hal ini penting untuk menyiarkan dan menarik pemuda turut serta dalam kegiatan yang positif. Salah satu ide untuk menyiarkan kembali gerakan Kepramukaan ini adalah dengan membuat kembali iklan kepramukaan dan mengumpulkan masyarakat yang dimasa kecilnya ikut Pramuka untuk bergabung dalam Pramuka (Dewasa) Mitra. 

Iklan kepramukaan sebelumnya dianggap cukup berhasil menggugah masyarakat yang di masa kecilnya ikut Pramuka sehingga rencananya iklan tersebut akan dibiayai oleh Kemenpora. Di luar ketiga program revitalisasi tersebut Menpora juga memberikan tambahan masukan dengan berharap agar Kwarnas dan dirinya dapat bertemu lebih sering untuk mengadakan pembicaraan program yang lebih spesifik. 

Diungkapkan juga mengenai laporannya yang menarik perhatian Presiden mengenai kebanggaannya terhadap Pramuka Indonesia dalam Jambore Internasional di Manila – Filipina kemarin di mana ia mendapati bahwa anak – anak Indonesia ternyata tidak kalah dengan anak-anak Negara lain. 

 Dalam pertemuan tersebut, Menpora mengungkapkan bahwa Kemenpora akan terus mendukung dan membantu pramuka – pramuka Indonesia terbaik untuk berangkat menuju jambore di manapun sehingga Pramuka tidak perlu khawatir dengan masalah anggaran pembiayaan. Pramuka – pramuka terbaik tersebut haruslah dikirim mewakili Indonesia dengan melalui proses seleksi yang ketat secara terbuka di tiap  provinsi sehingga adil. (rin)