Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora Sambut Baik Rencana Mobil Masjid Untuk Promosi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032


Hari Rabu (4/3) siang Menpora Zainudin Amali didampingi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menerima Chairman Pandan College Richardo Susilo yang hadir bersama Ceo YASU Project Co.Ltd Yasuharu Inoue dan Account Directure YASU Project Co. Ltd Ryota Nishikawa di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Hari Rabu (4/3) siang Menpora Zainudin Amali didampingi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menerima Chairman Pandan College Richardo Susilo yang hadir bersama Ceo YASU Project Co.Ltd Yasuharu Inoue dan Account Directure YASU Project Co. Ltd Ryota Nishikawa di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.
 
Kepada Menpora, Richard menyampaikan proyek Mobile Mosque atau Mobil Masjid yang akan juga digunakan saat Olimpiade Tokyo 2020, berupa satu buah Truk yang didesain sedemikian rupa menjadi Masjid portable yang bisa digunakan untuk sholat 30 hingga 50 jemaah dan menggunakan teknologi canggih. "Mobil masjid ini sudah menggunakan teknologi tercanggih di dunia salah satunya dari truk menjadi Masjid berjalan hanya dalam 5 menit sangat canggih dan sudah ada AC, tempat wudu yang airnya di recycle, mobil masjid ini juga multi fungsi," ujar Richard menjelaskan.
 
Menurutnya, tidak hanya menjadi masjid atau musola tapi bisa juga untuk camp, mobil kampanye, mobil panggung musik dan lain-lain. "Dua tahun lalu saya jjga berpartisipasi di Asian Games Indonesia semoga melalui Mobil Masjid ini Jepang dan Indonesia bisa bekerjasama baik di bidang promosi dan dibidang olahraga khususnya," ujar Ceo YASU Project Co.Ltd Yasuharu Inoue yang juga pembuat Mobil Masjid ini.
 
"Saya mendekatkan diri dengan Indonesia karena merupakan muslim terbesar di dunia, semoga dengan ini bisa bekerja sama serta semoga Virus Corona dengan berdoa bersama dengan mobil Masjid dan bisa dicatat kerjasama yang baik antara Indonesia-Jepang," tambahnya. Melalui mobile masjid ini lanjutnya, bisa digunakan juga untuk stand Indonesia di Olimpiade Tokyo untuk mempromosi Indonesia, Islam dan olahraga. "Kita juga promosikan semoga virus Corona bisa melemah dan hilang dan Olimpiade Tokyo bisa sukses," harapnya.
 
Mendengar penjelasan ini Menpora menyambut baik dan berharap semua even dalam rangka meyambut Olimpiade Tokyo berjalan lancar. "Kita berharap mulai Juni mendatang semua even Olimpiade berlangsung lancar tidak ada hambatan, Mobil Masjid ini bagus sekali kami menyambut baik, tetapi untuk teknisnya kontingen Indonesia terkait kebutuhan dan promosi komunikasikan dengan CdM Kontingen Indonesia serta NOC," ujar Menpora.
 
Untuk promosi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 lanjut Menpora direncanakan akan membuat Indonesian Village saat Olimpiade Tokyo 2020. "Untuk promosi kita rencananya akan mendirikan Indonesian Village dan Mobile Masjid juga sangat dibutuhkan disana jadi komunikasi teknisnya dengan CdM, terima kasih telah datang," tutup Menpora. (ben)