Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora: PON 2020 Harus Sukses Prestasi, Penyelenggaraan, dan Administrasi


Menpora Zainudin Amali menilai jika pelaksanaan PON XX/2020 sukses maka Merauke akan dilirik untuk menjadi tempat berbagai pertandingan olahraga minimal kejuaraan nasional. Hal itu Menpora sampaikan saat Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan PON XX di Hotel Swissbell Hotel Merauke, Rabu (12/2) malam.(foto:egan/kemenpora.go.id)
Merauke: Menpora Zainudin Amali menilai jika pelaksanaan PON XX/2020 sukses maka Merauke akan dilirik untuk menjadi tempat berbagai pertandingan olahraga minimal kejuaraan nasional. Hal itu Menpora sampaikan saat Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan PON XX di Hotel Swissbell Hotel Merauke, Rabu (12/2) malam.
 
Menurutnya kuncinya agar Merauke akan menjadi catatan sukses yakni perencanaan awal dan konsisten dengan penyelenggaraan. "Jadi apa yang sudah direncanakan harus dilaksanakan secara konsisten dan diawasi secara ketat dan dievaluasi sehingga selesai PON tidak ada masalah, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan diikuti sukses administrasi, sebab banyak contoh administrasi yang berujung pada masalah hukum," ujar Menpora. "Kami optimis bahwa Merauke bisa dan mampu menjadi tuan rumah yang baik dengan begitu Merauke akan dilirik untuk menjadi tempat berbagai pertandingan olahraga," tambahnya.
 
Menpora berharap melalui kesempatan PON dapat digunakan untuk mempromosikan Merauke. "Para atlet dari 34 provinsi usai pulang dari Merauke mereka ada kesan bahwa Merauke memang pantas dipilih oleh PPPON menjadi cluster karena perjuangannya tidak muda, maka saya minta selain persiapan venue dan akomodasi, pemerintah dan masyarakat Merauke harus menyiapkan sajian-sajian yang menarik untuk yang datang seperti pawai budaya, pariwisata dan kulinernya," harapnya.
 
Kemenpora lanjutnya, saat ini sedang mendorong untuk bisa wisata olahraga atau sport tourism. "Sport tourism menjadi andalan kita dan itu perintah Pak Presiden kepada kami dimanapun penyelenggaraan olahraga harus ada budayanya dan kulinernya sehingga orang teringat dan terkesan untuk datang lagi ke Merauke," kata Menpora.
 
"Jadi setelah saya meninjau beberapa venue pertandingan di Merauke dan juga akomodasinya yang akan ditempati atlet dan ofisial serta panitia saya optimis bahwa pelaksanaan PON XX Papua secara umum bisa terlaksana dengan baik," tutup Menpora. Hadir dalam Rakor ini Bupati Merauke Frederikus Gebze, Ketua Harian KONI PUsat Suwarno, Pemprov Papua Alex Kabisa. (ben)