Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora Harap Even di Luar Negeri Jadi Ajang Promosikan Pencak Silat Masuk Olimpiade


Menpora Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Selasa (4/2) siang. Menpora mendukung even yang diselenggarakan di luar negeri sebagai ajang promosi agar pencak silat bisa masuk ke Olimpiade.(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Selasa (4/2) siang. Menpora mendukung even yang diselenggarakan di luar negeri sebagai ajang promosi agar pencak silat bisa masuk ke Olimpiade.

"Kami dukung setiap even olahraga di luar negeri menjadi bagian promosi, karena kita sadar upaya-upaya untuk memperkenalkan Indonesia itu luar biasa. Kita berharap selain di Tokyo juga di Olimpiade Paris 2024 Pencak Silat setidaknya masuk eksebisi," kata Menpora.

Menimpali hal tersebut, Dubes Indonesia untuk Prancis merasa prihatin saat menjelaskan Indonesia di Eropa sekalipun, masih belum yang banyak tahu tentang Indonesia. "Saya prihatin Pak Menteri, saat saya menjelaskan Indonesia masih banyak yang bertanya, bahkan lebih tahu tentang Bali yang mereka tahu bahwa itu bagian Indonesia," timpal Dubes Prancis merangkap Andora, Monako, dan UNESCO.

Selain itu, Prancis mengajukan kerjasama dalam bidang kepelatihan khususnya Bulutangkis dan Pencak Silat. Karena Bulutangkis melegenda di Indonesia dan Pencak Silat merupakan cabor asli Indonesia."Untuk dua cabor Bulutangkis dan Pencak Silat kita siap berikan dukungan karena secara fasilitas keduanya ada lengkap dan memadai, sebaiknya silakan dari Prancis dapat datang ke Indonesia. Perlu diketahui untuk menarik kerjasama dan dukungan, khusus Pencak Silat sedang disiapkan video promosi menuju Olimpiade yang nanti dikirim ke seluruh Kedubes," tambah Menpora.

Hadir dari Kedubes, Koordinator Fungsi Ekonomi Rudjimin dan Koordinator Fungsi Politik Lydia Safitri. (cah)