Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora Minta Aqua Danone Nations Cup 2020 Ikut Publikasikan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20


Menpora Zainudin Amali berharap kompetisi usia dini yang akan menggelar Final Piala Dunia Danone Nations Cup U-12 tahun 2020 turut mempublikasikan Indonesia dalam mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Pemerintah memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan itu, Kemenpora akan terus bekerjasama dengan Danone kedepan.(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Zainudin Amali berharap kompetisi usia dini yang akan menggelar Final Piala Dunia Danone Nations Cup U-12 tahun 2020 turut mempublikasikan Indonesia dalam mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Pemerintah memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan itu, Kemenpora akan terus bekerjasama dengan Danone kedepan. 
 
"Kita akan dukung dan apresiasi karena ini adalah pembinaan usia dini kami harap akan lebih banyak lagi diikuti tim-tim junior tanah air," kata Menpora, Kamis (30/1) di ruang rapat lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.
 
Kemenpora juga akan bekerjasama dengan PSSI dan semua stakeholders olahraga lainnya karena ujungnya akan terbentuk timnas yang baik. "Kita memiliki Inpres No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional dan turnamen yang dilakukan Danone ini sekaligus menjadi bagian bagian dari perintah Inpres untuk itu pemerintah ucapkan terima kasih dan apresiasi," tambahnya.
 
Vice President Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyampikan final Danone Nations Cup U-12 tahun 2020 akan dilaksanakan di GBK, Jakarta. "Dengan dukungan Kemenpora dan stakeholders olahraga lainnya kita harapkan kegiatan ini lancar hingga final di bulan Oktober mendatang," ujar Vera. "Kompetisi awal akan dilaksanakan di 34 provinsi dengan diikuti 5.000 anak, kompetisi dimulai pada Maret hingga finalnya di bulan Juli dan lanjut di Oktober final dunianya diikuti 34 negara yang menjadi peserta," tambahnya. 
 
Aqua Danone Nations Cup untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan World Final Piala Dunia U-12 di Jakarta. Terpilihnya Jakarta, Indonesia juga pertama kalinya di luar Eropa. World Final akan diselenggarakan pada Minggu 4 Oktober 2020 di Stadion Utama GBK. Vera menambahkan tahun 2020 ini untuk pertama kalinya Indonesia juga akan menurunkan tim putri pada final Danone Nations Cup U-12 tahun 2020 yang menjadi satu-satunya sekolah sepakbola yang diakui FIFA. 
 
Turut mendampingi Menpora Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Staf Khusus Olahraga M. Nigara, Tenaga Ahli Menpora Farida Feoh. (ben)