Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Tinjau Stadion Utama Pekanbaru, Menpora: Saya Usulkan untuk Stadion TC Piala Dunia 2020


Menpora Zainudin Amali bersama Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dan Staf Ahli Kemenpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Madrizal hari Jumat (24/1) sore meninjau Stadion Utama Riau. Menpora akan menyampaikan PSSI untuk memasukan Stadion Utama Riau menjadi salah satu tempat Training Camp (TC) tim yang akan mengikuti Piala Dunia 2020 tahun 2021 nanti. (foto:bagus/kemenpora.go.id)
Pekanbaru: Menpora Zainudin Amali bersama Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dan Staf Ahli Kemenpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Madrizal hari Jumat (24/1) sore meninjau Stadion Utama Riau. Menpora akan menyampaikan PSSI untuk memasukan Stadion Utama Riau menjadi salah satu tempat Training Camp (TC) tim yang akan mengikuti Piala Dunia 2020 tahun 2021 nanti. 

Menurut Menpora Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah menyetujui enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 tahun 2021.Enam stadion yang bakal digunakan yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. 

"Yang menentukan enam stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2020 pada tahun 2021 nanti adalah FIFA yang sudah koordinasi dengan PSSI, dan bukan Kemenpora. Untuk Stadion Utama Riau sendiri menurut saya kualitas sudah cukup bagus, apalagi tribunnya sudah single seat. Mungkin nanti akan saya usulkan untuk menjadi salah satu stadion yang akan digunakan sebagai Training Camp (TC) untuk tim peserta," katanya.

Menpora juga memberikan saran agar Riau memiliki klub sepakbola untuk bermain di Liga 1 yang bisa menjadi home base agar bisa menarik penonton untuk datang ke stadion. Selain itu ia juga ingin Stadion Utama Riau banyak menggelar even internasional agar semua fasilitas di sekitar stadion aktif. "Saya kira kalau untuk bantuan kita akan lihat dulu, stadion ini harus hidup dulu dengan menggelar kegiatan olahraga baik nasional atau internasional. Dengan begitu fasilitas stadion akan aktif," katanya. (amr)