Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Buka Proliga 2020, Menpora Ingin Pembinaan Voli Indonesia Terus Ditingkatkan


Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dan Staf Ahli Kemenpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Madrizal membuka Proliga 2020 di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Riau, Jumat (24/1) sore. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Pekanbaru: Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dan Staf Ahli Kemenpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Madrizal membuka Proliga 2020 di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Riau, Jumat (24/1) sore. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine.

Pada sambutanya Menpora memyambut baik dan memberi apresiasi atas penyelenggaraan Proliga 2020. Terima kasih kepada keluarga besar voli Indonesia khususnya tim voli putra yang sudah mempersembahkan medali emas di Sea Games 2019 Filipina lalu, untuk tim putri semoga di Sea Games 2021 Vietnam ikut juara. "Perkembangan bola voli cukup bagus, kompetisinya berjalan dengan reguler. Itulah pemerintah selalu menyambut baik kepada pemerintah pusat dan daerah yang menyelenggarakan kompetisi secara rutin dan bergilir di beberapa kota," kata Menpora.

Menpora juga menyampaikan bahwa pentingnya pembinaan olahraga voli di seluruh Indonesia. "Pembinaan olahraga tentu tidak lepas dari pembinaan usia dini. PBVSI agar terus memperhatikan  pembinaan usia dini dan kamu Kemenpora akan selalu mendukung. Mudah-mudahan dimulainya Proliga 2020 ini membawa dampak semangat kepada masyarakat untuk terus menyemarakan olahraga. Terima kasih kepada Riau yang menjadi tempat pembuka Proliga 2020. Semoga semakin banyak daerah-daerah lain yang ikut menyelenggarakan acara olahraga seperti ini," tambah Menpora.

Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution mengatakan Proliga adalah kompetisi bola voli profesional yang tertinggi di Indonesia. "Saya atas pemerintah provinsi Riau mengucapkan selamat datang di Kota Pekanbaru. Kami provinsi Riau memgucapkan terima kasih di tunjuk sebagai kota pembuka Proliga 2020 ini. Banyak atlet nasional dan internasional yang akan bertanding di ajang ini. Saya ingin ajang ini jadi pembelajaran untuk menimba ilmu demi peningkatan prestasi bola voli Indonesia. Harapan kita ajang ini berjalan dengan baik dan junjung sportifitas," katanya

Kompetisi yang telah memasuki tahun ke-19 ini diikuti enam tim putra dan lima putri. Keenam tim putra terdiri dari juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Garuda, dan tim pendatang baru Lamongan Sadang MHS. Sementara itu, lima tim putri antara lain juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda Jatim.(amr)