Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Kepala Biro Humas dan Hukum Sanusi Terima Kunjungan Formasita


Kepala Biro Humas dan Hukum Sanusi didampingi Kepala Bagian Humas Isa Anshary hari Jumat (24/1) pagi menerima kunjungan 36 Forum Mahasiswa Bidikmisi Usulan Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung (Formasita) di Theater Pemuda Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta.(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Kepala Biro Humas dan Hukum Sanusi didampingi Kepala Bagian Humas Isa Anshary hari Jumat (24/1) pagi menerima kunjungan 36 Forum Mahasiswa Bidikmisi Usulan Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung (Formasita) di Theater Pemuda Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Mayoritas ke-36 mahasiswa yang tergabung dalam Formasita ini berasal dari Univeritas Hasanuddin dan Universitas Negeri Makassar, mereka memperoleh beasiswa dari program beasiswa aspirasi masyarakat usulan Tamsil Linrung yang saat itu menjadi Wakil ketua Komisi VII DPR RI.

Dalam arahannya Sanusi menyampaikan Kantor Kemenpora memiliki tiga landasan hukum dalam melaksanakan tugas-tugasnya. "Tiga landasan hukum Kemenpora dalam melaksanakan tugasnya yakni UU No. 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, UU No.3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan UU No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka," ujarnya.

"Selain tiga landasan ini Kemenpora juga memiliki struktur mulai dari Eselon I yang dikomandani Sekretaris Kemenpora yakni Pak Gatot S Dewa Broto yang membawahi beberapa biro dan inspektorat, juga ada dua deputi yang menangani bidang kepemudaan dan dua deputi dibidang keolahragaan," urainya.

Menurutnya, Kemenpora sebagai leading sector kepemudaan memiliki tugas untuk membentuk para pemuda Indonesia yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. "Jika tujuan ini adik-adik semua bisa peroleh maka kalian akan bisa menjadi apapun menjadi pemimpin dimanapun berada, tentunya ini akan terwujud dengan adanya kerjasama semua pihak terkait tidak hanya Kemenpora," kata Sanusi.

Pada kesempatan ini juga Kabiro Sanusi juga mengatakan bahwa Kemenpora memiliki 5 Program Prioritas yang ingin dicapai pada periode 2019-2024 yakni membenahi tata kelola administrasi, pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta mendorong semangat kewirausahaan, Penguatan Ideologi Pancasila dan karakter  serta tentang pemassalan dan pemasyarakatan olahraga dan tentang pembinaan usia dini dan prestasi. 

Sebelumnya Ketua Formasita Jayadi menyampikan, Formasita adalah forum mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidikmisi dari DPR RI dari beasiswa aspirasi masyarakat dari Bapak Tamsil Linrung. "Kami ada 2000 lebih anggota yang berdiri sejak 2015, kami di Jakarta telah berkunjung ke beberapa tempat tidak afdol jika ke Jakarta tidak berkunjung ke Kemenpora yang merupakan rumah pemuda," kata Jayadi.

Kunjungan ini dilanjutkan ke beberapa spot-spot yang berada di Kantor Kemenpora mulai Teater Kemenpora, Gedung PPITKON, Sitroom, Perpustakaan hingga ke VoK dan Media Center. (ben)