Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Tingkatkan Pengembangan SDM, Kemenpora Gelar Sosialisasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi, Merit Sistem dan Manajemen Talent Pool


Kemenpora menggelar Sosialisasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi, Merit Sistem, dan Manajemen Talent Pool, Rabu (22/1) pagi di Wisma Kemenpora, Jakarta. Acara ini di gelar dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian dan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Acara dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Samsudin. (foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Kemenpora menggelar Sosialisasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi, Merit Sistem, dan Manajemen Talent Pool, Rabu (22/1) pagi di Wisma Kemenpora, Jakarta. Acara ini di gelar dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian dan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Acara dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Samsudin. 
 
Pada sambutannya, Samsudin mengatakan bahwa acara sosialisasi ini sejalan dengan keinginan Pak Menpora  yang ingin menyeleksi dengan profesional. "Sistem ini sesuai dengan konsep Pak Menteri bahwa beliau ingin menyeleksi dengan profesional. Mudah-mudahan ini menjadi kesempatan buat kita semua, bahwa ini adalah peluang untuk promosi jabatan," ujarnya. 
 
Masih menurutnya, salah satu program Presiden Joko Widodo dari 5 programnya adalah penyederhanaan birokrasi. Penyederhanaan birokrasi ini dengan menghilangkan jabatan eselon 3 dan 4. "Eselon 3 dan 4 akan menjadi jabatan fungsional. Jabatan fungsional pun tidak boleh membuat jabatan fungsional yang baru tetapi harus dimasukkan kepada jabatan fungsional yang sudah ada di Kemenpora. Tapi yang menjadi catatan Kemenpan RB walaupun eselon 3 dan 4 sudah berahli   menjadi jabatan fungsional, namun penghasilan yang diterima pada saat masih menjadi eselon 3 dan 4 tidak dikurangi," ucapnya. 
 
"Mudah-mudahan dengan tata kelola organisasi yang diperbaiki akan bisa lebih baik. Tapi hal ini tergantung kesiapan kita sebagai pegawai negeri. Tentunya kebijakan apapun sebagai seorang pegawai negeri sipil harus siap kapanpun, dimanapun kita ditempatkan. Mudah-mudahan apa yang menjadi kegiatan dari Biro Perencanaan dan Organisasi bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan tentunya karir kita kembali kepada diri kita," jelasnya. 
 
Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Esa Sukmawijaya melaporkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan pokok-pokok pikiran program prioritas dari Menpora. "Program prioritas Kemenpora pada tahun 2020-2024 memiliki 5 program prioritas. Program prioritas 2 dan 3 berkaitan dengan kepemudaan, sedangkan program prioritas 4 dan 5 berkaitan dengan olahraga. Untuk kegiatan hari ini, sejalan dengan  program prioritas 1, yaitu perbaikan tata kelola, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik. Hal ini juga sejalan dengan program Presiden yang fokus pada pembangunan SDM," tuturnya. (rep)