Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Buka IBL 2020 dengan Lemparan Bebas, Menpora Dukung Perbasi Majukan Basket Indonesia


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Indonesian Basketball League (IBL) di GOR Sahabat, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/1). Pembukaan ditandai dengan lemparan bebas oleh Menpora di garis yang terletak di ujung area terlarang.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Semarang: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Indonesian Basketball League (IBL) di GOR Sahabat, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/1). Pembukaan ditandai dengan lemparan bebas oleh Menpora di garis yang terletak di ujung area terlarang.

Dalam sambutannya, Menpora mengapresiasi atas terselenggaraanya Indonesian Basketball League (IBL). Kejuaraan ini, menurut Menpora sangat baik untuk memajukan olahraga bola basket di tanah air. Mengingat, bola basket merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat setelah sepak bola.  

“Selamat malam, salam olahraga. Pemerintah sangat menyambut baik penyelenggaraan liga basket ini. Kami mendukung upaya Perbasi maupun IBL untuk memajukan olahraga bola basket. Saya harap ini bisa dipertahankan dengan baik,” kata Menpora. 

Lebih lanjut, Menpora juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat Semarang dan sekitarnya yang sangat antusias menonton pertandingan basket. Menpora berharap, event yang berlangsung ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

“IBL di Semarang kali ini juga saya kira sangat luar biasa ya, dan saya kaget juga ini ramai. Ini merupakan pertanda animo masyarakat terus baik terhadap perkembangan basket, terus dinikmati. Kepada pengurus, saya harap bisa lebih menata lagi dengan baik. Sehingga, masyarakat dapat menonton pertandingan yang berkualitas. Terima kasih juga kepada Pemkot Semarang. Kepada tim, selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas,” tambah Menpora. 

Sementara itu, CEO Indonesia Basketball League, Junas Miradiarsyah juga mengatakan hal yang sama. Dia berterima kasih kepada masyarakat Semarang yang sangat antusias menyaksikan pertandingan. Kemudian, Junas juga berterima kasih atas perhatian pemerintah yang terus mendukung perkembangan basket. 

“Ini sangat luar biasa. Terima kasih masyarakat Semarang yang telah memenuhi GOR ini. Terima kasih juga kepada Bapak Menpora, yang terus memberikan perhatian terhadap perkembangan basket. Sekali lagi, terima kasih,” kata Junas. 

Dalam kesempatan ini, Menpora menyaksikan secara langsung pertandingan antara tim Satria Muda Pertamina melawan NSH Jakarta Basketball. Dalam laga yang berlangsung ketat ini, Satria Muda Pertamina berhasil menang dengan skor 69-59. 

Sebelumnya, pertandingan lain mempertemukan tim Louvre Surabaya kontra Bima Perkasa Yogyakarta. Louvre berhasil menutup pertandingan dengan skor 81-71. Hadir pada kesempatan ini, sejumlah pejabat dari Pemprov Jawa Tengah,  Pemkot Semarang, Ketua Koni Jawa Tengah Soebroto, dan Ketua PP Perbasi Danny Kosasih. (jef)