Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Akui Perjuangan Garuda Muda Sudah Maksimal, Menpora Doakan Cedera Evan Dhimas Segera Pulih


Tuntas sudah laga final sepakbola SEA Games 2019. Timnas Indonesia U-23 harus mengakui ketangguhan Vietnam dengan dipaksa menyerah 0-3 di Stadion Rizal Memorial, Manila Philipina, Selasa (10/12) malam. Menpora Zainudin Amali yang menyaksikan langsung perjuangan Garuda Muda tetap bangga memberikan apresiasi atas perjuangan skuad Merah Putih.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Filipina: Tuntas sudah laga final sepakbola SEA Games 2019. Timnas Indonesia U-23 harus mengakui ketangguhan Vietnam dengan dipaksa menyerah 0-3 di Stadion Rizal Memorial, Manila Philipina, Selasa (10/12) malam. Menpora Zainudin Amali yang menyaksikan langsung perjuangan Garuda Muda tetap bangga memberikan apresiasi atas perjuangan skuad Merah Putih. 

Khusus untuk Evan Dimas Darmono, Menpora mendoakan agar cedera segera pulih."Biasa dalam sebuah permainan ada menang dan kalah. Tetap semangat semuanya, dan khususnya untuk Evan Dimas segera pulih dari cedera karena terinjak dalam perjuangan demi Merah Putih," kata Menpora.

Pelatih Indra Sjafri secara kesatria menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Vietnam sekaligus memuji anak asuhnya secara performa sudah lebih baik."Pertama selamat buat Vietnam. Game tadi secara performance kita lebih baik dari pertandingan sebelumnya. Kami melakoni lebih terbuka dan dua gol dari setpiece," katanya.

Pergantian Evan Dimas Darmono yang diluar rencana strategi memang mempengaruhi secara tim, sehingga hasil akhir yang tidak diharapkan menjadi kenyataan."Pergantian yang bukan karena kebutuhan taktik tentu akan jadi masalah bagi tim. Saya pikir dengan cederanya Evan Dimas dalam waktu 23 menit sangat berpengaruh tehadap perfoma tim di babak pertama," jelas Indra.

Jalannya babak pertama keunggulan untuk Vietnam 0-1, berawal dari pelanggaran Asnawi terhadap Ha Duc Chinch. Tendangan bebas Do Hung Dung diselesaikan dengan sundulan Doan Van Hau menit 39.Babak kedua semakin mengokohkan kemenangan Vietnam dengan dua gol tambahan yang dilesakkan Do Hung Dung menit 59 dan ditutup gol ketiga oleh Kapten Vietnam Doan Van Hau jelang akhir peluit akhir pertandingan. (cah)