Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Sumbang Perak, Petinju Langu Kornelis Kwangu Janji Perbaiki Diri


Dua atlet tinju Langu Kornelis Kwangu dan Endang persembahkan medali perak, di PICC Boxing Arena, Manila, Philipina, Senin (9/12) malam. Kegagalan mendapat medali emas dan tidak bisa m00elakukan protes menjadikan pelajaran dan pengalaman berharga bagi kedua petinju untuk lebih baik lagi. (foto:satria/kemenpora.go.id)
Filipina: Dua atlet tinju Langu Kornelis Kwangu dan Endang persembahkan medali perak, di PICC Boxing Arena, Manila, Philipina, Senin (9/12) malam. Kegagalan mendapat medali emas dan tidak bisa m00elakukan protes menjadikan pelajaran dan pengalaman berharga bagi kedua petinju untuk lebih baik lagi.  
 
Kornelis yang bertanding di Kelas Men's Light Fly (46-49Kg) melawan petinju tuan rumah Philipina Paalam Carlo merasa kecewa dengan nilai total 0-5 dari para juri, tapi karena tidak bisa protes mau tidak mau dia harus  menerima hasil dengan kesatria."Saya kaget nilai 0-5 sama saja tidak bertanding padahal saya merasakan justru lebih berat petinju-petinju yang saya hadapi di penyisihan. Tapi karena pelatih bilang tidak bisa protes, saya menerima dan berusaha menjadi lebih baik kedepannya," ujar Kornelis.
 
Target 2 emas cabor tinju memang sudah pupus, hanya meraih perak bersama kawan seperjuangan Endang yang juga dikalahkan Philipina lewat petinjunya Gabuco Josie Philipina di Kelas Women's Light Fly (45-48Kg). Untuk Kornelis berbekal keikutsertaannya yang sudah 5 kali di SEA Games, meskipun jalan panjang dan berat terus berjuang mengejar mimpi untuk bisa ikut serta pada Olimpiade Tokyo mendatang. 
 
Sedangkan buat Endang yang baru pertama ikut SEA Games menjadi pengalaman berharga untuk melecut semangat menjadi Sang Juara di masa yang akan datang."Saya sudah ikut 5 kali di SEA Games, persyaratan di tinju berat untuk lolos kualifikasi Olimpiade yaitu 4 besar Kejuaraan Dunia, saya akan berjuang," tambahnya bersemangat. Adapun Endang menambahkan, "Ini yang pertama di SEA Games, saya akan terus tingkatkan untuk lebih baik lagi," katanya.(cah)