Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Hari Ini Karate Sumbang 1 Perak dan 1 Perunggu di SEA Games 2019 Filipina


Pundi-pundi medali tim Indonesia kembali bertambah di SEA Games 2019 Filipina. Kali ini, cabang olahraga karate menyumbang satu medali perak dan satu medali perunggu di World Trade Centre, Manila, Filipina, Minggu (8/12). Adalah Rifki Ardiansyah Arrosyid yang menyumbang medali perunggu usai bertanding melawan wakil dari Vietnam yang meraih emas. Dia turun di kumite putra kelas -60 kilogram. Sedangkan perunggu diraih Laos. (foto:raiky/kemenpora.go.id)
Filipina: Pundi-pundi medali tim Indonesia kembali bertambah di SEA Games 2019 Filipina. Kali ini, cabang olahraga karate menyumbang satu medali perak dan satu medali perunggu di World Trade Centre, Manila, Filipina, Minggu (8/12). Adalah Rifki Ardiansyah Arrosyid yang menyumbang medali perunggu usai bertanding melawan wakil dari Vietnam yang meraih emas. Dia turun di kumite putra kelas -60 kilogram. Sedangkan perunggu diraih Laos. 

Sementara itu, perunggu didapat dari Emilia, Nurul, dan Dian yang turun di kata beregu putri. Untuk medali emas diraih Vietnam, dan perak menjadi milik Malaysia. Wajah semringah pun tampak dari kontingen Indonesia pada upacara penghormatan pemenang. 

Pelatih Karate, Abdullah Kadir bersyukur atas raihan yang diraih para karateka. Menurutnya, anak asuhnya sudah berjuang maksimal. Namun, dia juga sedikit kecewa karena harusnya Rifki bisa meraih medali emas. “Sebenarnya meleset satu, harusnya Rifki bisa dapat emas, tapi kalah dan dapat perak. Begitu pun kita bersyukur. Itu harus kita terima dengan lapang dada, cukup puas,” kata Kadir usai pertandingan. 

Lebih lanjut, dia menuturkan, masih ada pertandingan karate berikutnya. Besok, ada 4 kelas yang akan  tanding. Kadir optimis karateka Indonesia bisa mengantongi emas di laga selanjutnya. “Besok masih ada empat kelas pertandingan, artinya ada peluang untuk kita meraih emas. Besok yang bertanding adalah andalan kita semua. Makanya kita optimis bisa dapat medali emas besok,” ujarnya. 

Hasil pertandingan di SEA Games menjadi pelajaran penting bagi tim karate Indonesia. Kadir bilang, pihaknya akan terus melakukan latihan dan kerja keras. Evaluasi pertandingan juga menjadi catatan dia untuk bisa dibenahi. “Tentu ada evaluasi nanti ya, ini bertujuan untuk mempersiapkan tim semakin solid. Untuk besok, kami mohon dukungan dan doanya agar bisa meraih hasil terbaik, semoga besok bisa dapat emas,” jelasnya. 

Sejauh ini, Indonesia sudah mengumpulkan 62 medali emas, 57 perak, dan 73 perunggu. Hasil ini membuat tim merah putih bertengger diurutan kedua klasemen sementara SEA Games 2019. Untuk diurutan pertama, tuan rumah Filipina masih berada diposisi teratas. Sedangkan diurutan ketiga adalah Vietnam.  (jef)