Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Cerita dan Air Mata Lisa yang Gagal Persembahkan Emas SEA Games 2019


Lisa Setiawati tak bisa membendung air matanya ketika gagal mempersembahkan medali emas di SEA Games 2019. Lisa yang turun pada nomor 45 kg putri di Rizal Memorial Sports Complex, Minggu (1/1) kemarin hanya mampu mengumpulkan jumlah angkatan 169 kg dengan rincian 96 kg snatch dan 169 kg clean and jerk.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Filipina: Lisa Setiawati tak bisa membendung air matanya ketika gagal mempersembahkan medali emas di SEA Games 2019. Lisa yang turun pada nomor 45 kg putri di Rizal Memorial Sports Complex, Minggu (1/1) kemarin hanya mampu mengumpulkan jumlah angkatan 169 kg dengan rincian 96 kg snatch dan 169 kg clean and jerk.

Usai melakukan pengalungan medali, di belakang panggung Lisa masih terus menangis tidak bisa membendung air matanya. Dia seakan-akan merasa bersalah setelah gagal mempersembahkan medali emas. "Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena tidak bisa mempersembahkan medali emas. Saya sudah berusaha memerikan yang terbaik," katany sambil menangis.

Lisa begitu menyesal karen hasil angkatanya terpaut tipis dengan lawanya.
Atlet berusia 30 tahun itu hanya terpaut 3 kg dari wakil Vietnam, Thi Huyen Vuong yang meraih medali emas. Thi Hueng mengumpulkan total angkatan 172 kg dengan rincian 77 kg snatch dan 95 kg clean and jerk. Sementara itu, posisi ketiga dihuni wakil tuan rumah, Mary Flor Diaz dengan jumlah angkatan 159 kg, 70 snatch dan 89 clean and jerk.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang menyksikan pertandigan sampai harus turun ke belakang panggug untuk menenangkan Lisa agar berhenti menangis. Namun, Lisa tetap tersedu-sedu meratapi kegagalannya meraih medali emas.

"Terima kasih banyak doa dan dukungannya. Mohon maaf, saya belum bisa memberikan medali emas untuk Indonesia. Ini adalah pertama kali saya ikut ajang ini dan SEA Games 2019 yang terakhir. Target saya adalah medali emas, namun belum tercapai. Saya sudah berusaha. Mohon maaf untuk bangsa Indonesia," kata Lisa sembari tersedu-sedu.

"Saya ingin kepada atlet-atlet angkat besi muda lainnya agar kalian semua giat berlatih untuk mendapatkan prestasi sebanyak-banyaknya. Kegagalan saya ini biarlah menjadi pelajaran berharga bagi saya, atlet yang lain harus terus semangat untuk meraih medali," semangat Lisa kepada atlet lainya. (amr)