Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Launching Bulan Pemuda 2019, Kemenpora Harap Pemuda jadi Motor Kemajuan Bangsa


Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 pada bulan Oktober tahun 2019 ini, Kemenpora melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh melaunching Bulan Pemuda 2019. Menurutnya pemuda adalah kontrol sosial dan agen perubahan bangsa.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 pada bulan Oktober tahun 2019 ini, Kemenpora melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh melaunching Bulan Pemuda 2019. Menurutnya pemuda adalah kontrol sosial dan agen perubahan bangsa.

"Bulan Oktober merupakan bulan yang sakral sekaligus fenomenal yang merupakan bagian dari sejarah keberlangsungan NKRI, setiap perubahan masyarakat, perubahan bangsa selalu dimotori oleh kaum muda, mereka adalah kontrol sosial dan agen perubahan," kata  Asorun Niam di Halaman Utama Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10) malam.

Pemerintah menurutnya berharap bersama masyarakat luas menggelorakan semangat kepemudaan di dalam bulan Oktober ini seirama dengan momentum pelantikan anggota DPR RI baru tahun 2019. Dari 575 anggota DPR RI baru lanjut Niam ada 20-an anggotanya berusia muda dibawah 30 tahun. "Tentu wajah baru anggota DPR RI muda ini perlu diapresiasi walaupun dari sisi presentasi seharusnya mencapai 26% minimal setara dengan jumlah kaum muda Indonesia usia 16-30 tahun yang mencapai 62 juta dari penduduk Indonesia keseluruhan.

"Kita berharap wakil rakyat usia muda ini menyuarakan kepentingan kaum muda menyusun legislasi yang berpihak kepada dorongan partisipasi kaum muda secara lebih dini baik secara aspek kepemimpinan, aspek kewirausahaan maupun aspek kepeloporan pemuda," harapnya.

Beberapa kegiatan yang akan disemarakkan oleh Kemenpora dengan kegiatan kepemudaan antar lain Apresiasi Pemuda Perprestasi (Kepemimpinan Pemuda, Pemilihan Wirausaha Muda Berprestasi, Kepeloporan dan Kesukarelawanan), Apresiasi Pemuda Hebat, Anugerah Kota Layak Pemuda, Talkshow Kepemudaan, Lomba Tulis, Pekan Pemuda, Apel Sumpah Pemuda, Malam Puncak HSP dan sebagainya."Perkembangan digital mendorong percepatan partisipasi kaum muda milenial dengan kreatifitas dan inovasinya bisa menjadi percepatan pembangunan nasional," tutup Ni'am. 

Acara ini selain launching logo dan tema Bulan Pemuda, sosialisasi kepada seluruh kementerian/lembaga terkait dan masyarakat juga dirangkaikan dengan kegiatan Pemuda Bersholawat, serta sebagai sarana silaturahmi Tokoh Legenda Pemuda yang dihadiri mantan Menpora Roy Suryo dan para mantan aktivis pemuda lainnya. 

Tampak hadir para pejabat Kemenpora, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Asdep Abdul Rofur, Karo Humas dan Hukum Sanusi, Plt. Inspektur Ibnu Hasan dan Sesdep Amar Ahmad. (ben)