Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Indonesia Raih Hasil Positif dengan Medali Perunggu di Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019


Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia kembali menorehkan namanya di pentas Asia setelah sebelumnya pada ajang ASG 2019 di Semarang . Berlaga di Sama Indoor Complex Vadodara India , Gujarat Minggu (18/08), I Made Galung dan Benjamin Mulia Pratikto berhasil membawa pulang medali perunggu pada nomor ganda putra di Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019.(foto:dok/kemenpora.go.id)
India: Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia kembali menorehkan namanya di pentas Asia setelah sebelumnya pada ajang ASG 2019 di Semarang . Berlaga di Sama Indoor Complex Vadodara India , Gujarat Minggu (18/08), I Made Galung dan Benjamin Mulia Pratikto berhasil membawa pulang medali perunggu pada nomor ganda putra di Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019.

Di babak penyisihan, dua pelajar yang sebelumnya juga berpasangan di ASG 2019 lalu ini berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab 3-0 dan Thailand 3-1. Langkah mereka terhenti setelah dipaksa mengakui keunggulan Hong Kong 3-0 di babak semi final. Sementara Hong Kong akan menghadapi China di partai puncak yang akan dilangsungkan sore ini. 

Meski demikian, Bambang Siswanto, Head of Delegation (HoD) Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia menyambut baik pencapaian prestasi tersebut, mengingat bahwa tim Indonesia berangkat tanpa target, namun mendapat hasil medali perunggu.

"Yang terpenting adalah pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memberikan kesempatan kepada atlet Pelajar (atlet-atlet muda/junior) menimba pengalaman untuk mengikuti kompetisi bertaraf internasional, sehingga tidak ada kesenjangan antara junior dan senior, karena Atlet pelajar/junior menjadi cikal bakal pelapis senior yang ada sekarang", ujar Bambang.

Pada kejuaraan kali ini, Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia berpartisipasi di tujuh nomor, yakni: beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. 

Di hari ketiga perhelatan 6th Asian School Table Tennis Championdhipd 2019, Indonesia tinggal menyisakan harapan pada nomor tunggal putra dan tunggal putri. Di pertandingan sebelumnya merah putih sudah tumbang terlebih dahulu di nomor beregu putri, beregu putra, dan ganda campuran. 

The 6th Asian School Table Tennis 2019 merupakan kejuaraan 4 tahunan yang rutin diadakakan oleh Asian School Sport Federation (ASSF), organisasi olahraga pelajar Asia. Di Indonesia sendiri, organisasi olahraga pelajar tersebut, bbernanung di bawah PP. Bapopsi atau Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia.(dok/deputi4)