Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Hadiri Apel dan Renungan Suci, Sesmenpora Ajak Pemuda Hingga Atlet Perkokoh Jiwa Kebangsaan


Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menghadiri apel kehormatan dan renungan suci yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Sabtu (17/8). Presiden yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan yang telah mengabdi dan berjuang demi negara.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menghadiri apel kehormatan dan renungan suci yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Sabtu (17/8).  Presiden yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan yang telah mengabdi dan berjuang demi negara.

Menurut Sesmenpora, renungan suci merupakan sebuah tradisi dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI). Melalui kesempatan ini juga, Sesmenpora mengajak para pemuda hingga atlet Indonesia untuk memperkokoh jiwa kebangsaan.

“Tentu makna dari renungan ini sangat dalam. Mari introspeksi kembali. Negara ini tak bisa hadir tanpa perjuangan para pahlawan. Mari juga mendoakan para pahlawan. Kita Harus melakukan penghormatan,” kata Sesmenpora.

“Saya mengajak kepada para pemuda dan juga atlet, mari memperkokoh jiwa kebangsaan. Kepada atlet, berjuanglah demi merah putih. Kita harus berjuang, berikan yang terbaik untuk tanah air,” jelas Sesmenpora

Saat upacara berlangsung, lampu di sekitar TMP Kalibata dipadamkan. Suasana menjadi gelap tanpa adanya penerangan yang cukup. Hanya cahaya obor di lokasi yang menyala. Presiden Joko Widodo pun mengenang para pahlawan.

“Kami yang hadir hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 00.00, pada upacara mengenang jasa arwah para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam pahlawan ini. Begitu pun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan,” kata Presiden Joko Widodo

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya," sambung Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo

Hadir juga dalam apel kehormatan dan renungan suci kali ini yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri, dan jajaran menteri. (jef)