Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora Ingin Pemprov Papua dan Pemkab Merauke Kerja Keras Selesaikan Stadion Katalpal Merauke


Pembangunan Stadion Katalpal yang berlokasi di Jalan Cigombong, Kelurahan Rimba Raya, Kabupaten Merauke, Papua, terbengakalai, padahal stadion ini dikerjakan sejak 2004. Hingga kini stadion yang menelan anggaran miliaran rupiah itu belum bisa dimanfaatkan.(foto: bagus/kemenpora.go.id)
 Merauke: Pembangunan Stadion Katalpal yang berlokasi di Jalan Cigombong, Kelurahan Rimba Raya, Kabupaten Merauke, Papua,  terbengakalai, padahal stadion ini  dikerjakan sejak 2004. Hingga kini stadion yang menelan anggaran miliaran rupiah itu belum bisa dimanfaatkan.
 
Menpora Imam Nahrawi sangat menyayangkan terbengkalainya pembangunan Stadion Katalpal ini. Ia pun berharap dalam dua tahun ke depan dengan sisa waktu ini, Stadion yang berkapsitas 30.000-50.000 penonton ini bisa selesai. 
 
"Masih ada sisa waktu dua tahun dengan  anggaran tahun 2019 yang sedang berjalan dan anggaran tahun 2020. Kita harapkan pada  bulan Juli 2020 sudah selesai semua pembangunan sehingga masih ada waktu untuk melakukan evaluasi menuju PON 2020," ucap Menpora saat meninjau Stadion Katalpal, Selasa  (23/7) pagi.
 
Menurutnya, dengan sisa dua tahun ini, Pemprov Papua dan Pemkab Merauke harus kerja keras, karena ini butuh percepatan eksekusi anggaran meskipun kita harus hati-hati memanfaatkan anggaran tersebut. 
 
"Tinggal bagaima singkronisasi antara APBD Propinsi dengan  APBD Kabupaten. Pemerintah pusat akan terus memantau.Yang jelas kami sangat optimis infrastruktur akan selesai pada waktunya,  karena Menteri PUPR akan terus memantau pembangunan infrastruktur olahraga ini. Kami dari Kemenpora  akan lebih konsen di penyelenggaraannya, " jelas Menpora yang didampingi Bupati Merauke Frederikus Gebze. 
 
Penyelesaian Stadion Katalpal khususnya tribun A sudah hampir mencapai 90 persen, tinggal finishing dengan pembenahan beberapa bagian yang mengalami kerusakan. Sedangkan  lapangann bolanya, gawang dan pembangunan keliling lintasan lari masih belum terealisasi. (rep)