Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kemenpora Ingin Gerakan Pramuka Nasional Perluas Sinergi dengan BUMN dan Swasta


Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh bersama Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso (Buwas) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (26/6) siang.(foto:hendra/kemenpora.go.id)
Jakarta: Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh bersama Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso (Buwas) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (26/6) siang.
 
Kemenpora menurutnya sangat mengapresiasi dan mendukung Gerakan Pramuka yang merupakan salah satu elemen yang sangat strategis. "Kemenpora memiliki konsen dalam pengembangan Kepramukaan dengan salah satu wujud dukungannya yakni dengan pembinaan dan pengawasan serta pengalokasian anggaran untuk kepentingan pendidikan kepramukaan," tutur Niam dalam sambutannya.
 
Gerakan Pramuka lanjutnya, juga diharapkan dapat melakukan jejaring yang lebih luas agar memperluas sinerginya dengan BUMN, swasta dan pihak lainnya untuk memberikan pendukungan lainnya dalam kegiatan Kepramukaan. "Salah satu wujud sinergi itu yakni bisa dilihat dari peran lembaga usaha baik BUMN dan swasta dalam memberikan dukungannya," katanya.
 
"Tantangan kita kedepan harus dapat menghadirkan nilai-nilai khas kepramukaan, kebersamaan, kejujuran, keadilan dan kesetiakawanan dengan konteks yang milenial sehingga perkembangan teknologi diberikan sentuhan nilai-nilai pembangunan karakter," tuturnya. 
 
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan Rakernas tahun ini sebagai langkah untuk menyatukan persepsi dan menyiapkan program kerja Gerakan Pramuka untuk satu tahun kedepan. Menurutnya, Gerakan Pramuka dibawah pembinaan Kemenpora juga dikoordinasikan dengan kementerian/lembaga lain tetapi lebih khusus kepada Kemenpora. 
 
"Program Kemenpora salah satunya adalah kepramukaan kita berharap bisa kita laksanakan dengan baik," kata Buwas dalam Rakernas yang mengangkat tema Meningkatkan Profesionalisme dan Soliditas Dalam Rangka Menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai Marwah Gerakan Pramuka. 
 
Rakernas Gerakan Pramuka tahun 2019 terdiri dari unsur 111 orang (pimpinan, andalan, pengurus LPK, Ketua Sako Nasional dan unit usaha Kwartir Nasional) dan 204 orang dari Kwartir Daerah seluruh Indonesia masing-masing daerah ada 6 peserta. 
 
Selain Rakernas ada juga boot pameran di lapangan utama Gedung Sarbini sebagai wujud permintaan dari para mitra Kwarnas yakni dari Bulog, PT. Sritex, BNN, Direktorat Topografi TNI AD, PT. Molino, PT. Madu Pramuka. Turut hadir Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Abdul Rafur dan Staf Ahli Hukum Olahraga Samsudin. (ben)