Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Plh Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Buka Acara Diskusi Publik Era Keemasan Sepakbola Nasional


Pemuda Muhammadiyah menggelar diskusi publik betemakan "Era Keemasan Sepakbola Nasional", di Aula KH Ahmad Dahlan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5) sore. Plh Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti mewakili Menpora menegaskan bahwa percepatan pembangunan persepakbolaan nasional sekarang menjadi perhatian pemerintah sebagaimana tertuang dalam Inpres No 3 Tahun 2019.(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Pemuda Muhammadiyah menggelar diskusi publik betemakan "Era Keemasan Sepakbola Nasional", di Aula KH Ahmad Dahlan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5) sore. Plh Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti mewakili Menpora menegaskan bahwa percepatan pembangunan persepakbolaan nasional sekarang menjadi perhatian pemerintah sebagaimana tertuang dalam Inpres No 3 Tahun 2019.
 
Inpres tersebut menitikberatkan pada peran semua pihak, yaitu pemerintah, masyarakat sepakbola, dan sektor swasta. Kebersamaan semua komponen tersebut akan menumbuhkan iklim pembinaan yang bagus sehingga harapan besar mencuatnya prestasi di level Asia Tenggara, Asia, bahkan dunia, pada saatnya akan dapat terwujud."Tidak ada prestasi tanpa proses yang terstruktur dan tersistem dengan baik, itu membutuhkan peran serta kita semua," kata Chandra Bhakti saat membuka diskusi.
 
Ada contoh baik dari negara-negara yang sudah maju persepakbolaannya jauh di atas negara kita, seperti Jerman, Argentina, dan beberapa negara lain. Mereka pernah terpuruk dalam suatu even sekelas Piala Dunia, tetapi lantas berbenah dan bangkit untuk kembali pada jalur prestasi pada even-even berikutnya. Kata kuncinya adalah pondasi atlet-atlet dalam hal ini pesepakbola sudah tertata sejak usia dini, muda, dan junior.
 
"Pengembangan atlet jangka panjang perlu menjadi perhatian serius sehingga 10-12 tahun kedepan era keemasan benar-benar terwujud. Diskusi seperti ini dengan masukan-masukan para narasumber dibidangnya amat diperlukan," tambahnya.
 
Tampak hadir berbagai narasumber, termasuk perwakilan PSSI Gusti Randa, Ketua Asprov DIY Ahmad Syauqi, dan Ketum Pemuda Muhammadiyah Sunanto. (cah)