Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Hadir di Seminar Kepemudaan SMK YAPPI Wonosari, Menpora: Anak Muda Harus Kreatif Kembangkan Potensi Daerah


Menpora Imam Nahrawi bersama Anggota DPR RI Agus Sulistiyono didampingi Bupati Gunung Kidul Badingah, tiba di Kampus SMK YAPPI Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (18/3) siang. Ada dua kegiatan utama dijadwalkan yakni Seminar Kepemudaan dan Peresmian Perpustakaan ASWAJA. (foto:egan/kemenpora.go.id)
Gunung Kidul: Menpora Imam Nahrawi bersama Anggota DPR RI Agus Sulistiyono didampingi Bupati Gunung Kidul Badingah, tiba di Kampus SMK YAPPI Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (18/3) siang. Ada dua kegiatan utama dijadwalkan yakni Seminar Kepemudaan dan Peresmian Perpustakaan ASWAJA.
 
Dalam seminar kepemudaan diangkat tema kekinian "Menyiapkan Generasi Muda di Era Revolusi Industri 4.0", sebuah era yang harus dilalui dan tidak dapat dihindarkan. Serba cepat dan menuntut kecakapan SDM menjadi kebutuhan yang wajib dipersiapkan seluruh komponen apalagi di dunia pendidikan seperti di SMK YAPPI Wonosari. 
 
"Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah keniscayaan, dan kata kuncinya serba cepat, dunia online merubah berbagai cara kita untuk bertindak, dan ini wajib disikapi oleh siapapun apalagi generasi muda," kata Menpora saat menjadi keynote speaker. 
 
Sebaliknya ketika dunia online terus melaju nyaris tak terbendung, offline menjadi sesuatu tantangan tersendiri yang juga harus terus dijaga."Online adalah sarana, namun offline (pertemuan langsung) akan menjadi hal bermakna seperti pertemuan kali ini," tambahnya.
 
Terakhir Menpora berpesan SMK YAPPI sebagai bagian dari berkumpulnya generasi muda di Gedung Kidul harus terus mengembangkan kreatifitas untuk terus mempromosikan berbagai potensi yang ada agar mendunia.
 
"Saya berharap, Yogja adalah gudangnya kreatifitas. Anak-anak SMK YAPPI harus memanfaatkan potensi sekecil apapun untuk membuat hal besar bagi potensi Gunung Kidul, promosikan terus dengan cara-cara millenial, pantai dan gua yang indah agar menjadi destinasi wisata Indonesia dan manca negara," pesan Menpora. 
 
Sementara Bupati Gunung Kidul Badingah dan Kepala Sekolah SMK YAPPI Wonosari Mustangid menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Menpora yang memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi pembangunan kepemudaan di Kabupaten Gunung Kidul. 
 
Acara diakhiri dengan pengguntingan pita peresmian Perpustakaan ASWAJA. Hadir, Asdep Peningkatan Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Wakapolres Verena Sri Wahyuningsih dan jajaran Forkompinda, Kepala Sekolah SMK YAPPI Wonosari Mustangid. (cah)