Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Sesmenpora: Buku Abdul Gafur Zamrud Halmahera Sangat Inspiratif untuk Kemenpora


Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengucapkan selamat atas diluncurkanya buku Abdul Gafur Zamrud Halmahera yang diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk Kemenpora. Hal itu disampaikan Gatot saat menghadiri peluncuran buku Abdul Gafur Zamrud Hamahera di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (10/1) siang.(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengucapkan selamat atas diluncurkanya buku Abdul Gafur Zamrud Halmahera yang diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk Kemenpora. Hal itu disampaikan Gatot saat menghadiri peluncuran buku Abdul Gafur Zamrud Hamahera di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (10/1) siang.
 
"Saya kira ini buku yang cukup bagus, beliau adalah salah satu tokoh yang meletakan dasar-dasar pembangunan di era orde baru. Poinya apa yang menjadi pemikiran dan gagasan yang beliau alami bisa tertuang semua, karena kalau tidak didokumendasikan dalam sebuah buku maka orang tidak akan pernah tahu, apalagi di era sekarang generasi milineal," kata Gatot.
 
"Yang tidak kalah pentingnya, optimisme dari pak Gafur tergambarkan ketika beliau menjabat sebagai menteri bahkan di Kemenpora waktu itu. Dan yang lebih menginspirasi beliau sempat mengalami dua kali kegagalan ketika menjadi pemimpin daerah karena didzolimi. Dan waktu itu beliau sama sekali tidak putus asa sama sekali, ini suatu hal yang bisa menjadi inspirasi bagi Kemenpora, dan itu dibuktikan pada kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu," kata Gatot.      
 
Tokoh nasional Abdul Gafur Idris meluncurkan buku di usianya yang ke 79 tahun. Buku autobiografinya mengisahkan tentang perjalanan hidup Abdul Gofur. Dia adalah tokoh aktifis angkatan 66 juga mantan perwira tinggi (Marsekal Muda TNI AU) Angkatan Udara Republik Indonesia. Sejak SMP di Ternate, Gafur aktif berorganisasi.
 
Pada tahun 1966, Abdul Gafur tampil sebagai pemimpin dalam organisasi Panitia Pengganyangan Gestapu PKI UI dan bergabung dengan KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) melancarkan aksi-aksi Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) untuk mengganyang PKI. Di era Orde Baru, Abdul Gafur diangkat sebagai anggota DPR/MPR Fraksi ABRI (1972-1978); Menteri Muda Urusan Pemuda dalam kabinet III (1978-1983); Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (1983-1988); Anggota DPA RI (19881997); Wakil Ketua MPR RI (1997-1999).
 
Dalam peluncuran buku ini, dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional. Di antaranya, Emil Salim, dan Cosmas Batubara. Hadir pula senior Partai Golkar Akbar Tanjung dan Hajriyanto Y Thohari.
" Terima kasih kepada semua sahabat saya yang hadir pada acara ini. Buku ini saya tulis untuk generasi muda sekarang agar mereka tahu bagaimana sejarah perjuangan seorang anak dari Halmahera bisa samapai ke Jakarta. Banyak cerita pada buku ini yang saya harapkan bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk anak-anak muda sekarang," kata Abdul Gafur pada sambutanya. (amr)