Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora Harap LIPEG Diperluas untuk Mencari Bibit Pemain Muda


Menpora Imam Nahrawi menerima Ketua Panitia Liga Pelajar Gunung Kidul (LIPEG) Heri Santosa, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/1) siang. Tahun 2019 ini merupakan LIPEG ke-5 yang dikuti 20 sekolah lanjutan tingkat atas (SMA dan SMK) se-Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (foto:putra/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Imam Nahrawi menerima Ketua Panitia Liga Pelajar Gunung Kidul (LIPEG) Heri Santosa, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/1) siang. Tahun 2019 ini merupakan LIPEG ke-5 yang dikuti 20 sekolah lanjutan tingkat atas (SMA dan SMK) se-Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 
 
Melihat keberhasilan empat kompetisi sebelumnya yang rutin diselenggarakan tiap tahun secara swadaya, kini LIPEG terus digulirkan guna pencarian bibit unggul atlet sepakbola dari kalangan sekolah. "Pak Menteri, alhamdulillah berkaca dari keberhasilan LIPEG sebelumnya, maka tanggal 18 Januari - 17 Maret 2019 digulirkan kembali Liga Pelajar Gunung Kidul ke-5 di satu-satunya stadion representatif yaitu Stadion Handayani Wonosari. Selain untuk mencari bibit atlet juga menjadi kegiatan positif," kata Heri Santosa. 
 
Menanggapi apa yang disampaikan Panitia LIPEG, Menpora menyampaikan apresiasi dan mendukung terus dilaksanakannya LIPEG. Menpora harap terus diperluas hingga seluruh DIY dan bisa meluas hingga Jawa Tengah maupun daerah sekitar lainnya. Terbukti tidak hanya permainan antar tim yang melahirkan pesepakbola muda, tetapi ditambah dengan para suporter yang apik penuh kreatif.
 
"Saya menyaksikan penutupan tahun lalu luar biasa, tidak hanya pemainnya yang hebat-hebat, tetapi suporter di stadion penuh, keren, tertib, dan kreatif. Saya berharap dapat diperluas tidak hanya di Gunung Kidul, agar dampak positfnya semakin luas pula," kata Menpora. 
 
Dari LIPEG selanjutnya akan diseleksi untuk menjadi Tim Gunung Kidul U-16 menuju Kompetisi Piala Kemenpora dan Piala Suratin. Hadir, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Samsudin, Plt Asisten Deputi Olahraga Prestasi Ahmad Arsani, Sekretaris Panitia LIPEG Erwin Hidayat. (cah)