Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Laporkan Persiapan Kongres, Pengurus GMKI Beri Gantungan Kunci Asia Games ke Menpora


Menpora Iman Nahrawi bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, menerima Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sahat Martin Philip Sinurat dan jajaran pengurus, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/7) sore. Kedatangan pengurus GMKI dalam rangka melaporkan rencana kongres untuk pemilihan kepengurusan baru dan program kerja pada 12-13 September 2018 mendatang.(foto:egan/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Iman Nahrawi bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, menerima Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sahat Martin Philip Sinurat dan jajaran pengurus, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/7) sore. Kedatangan pengurus GMKI dalam rangka melaporkan rencana kongres untuk pemilihan kepengurusan baru dan program kerja pada 12-13 September 2018 mendatang.

Masa kepengurusan GMKI Periode 2016-2018 dibawah duet Ketum Sahat Martin Philip Sinurat dan Sekjen Alan Christian Singkali akan segera berakhir. Sebenarnya secara kurun waktu penyelenggaraan kongres seharusnya pada bulan Agustus, namun mengingat ada Asian Games dimana Indonesia sebagai tuan rumah, sebagai bagian pemuda bangsa bersepakat untuk mengundur bulan September demi suksesnya even besar teraebut.

"Pak Menteri sebenarnya kongres bulan Agustus, namun demi suksesnya Asian Games kami bersepakat mengundur bulan September dan GMKI siap turut serta menyukseskan Asian Games," lapor Ketum Sahat.

Bentuk keikutsertaan menyukseskan Asian Games, GMKI telah menggerakkan anggotanya di daerah untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan membuat pernak-pernik souvenir Asian Games. Ada salah contoh yang ditunjukkan kepada Menpora adalah hasil kerajinan tangan berupa gantungan kunci yang terbuat dari kerang dari pesisir.

"Ini kreatifitas luar biasa, coba Pak Deputi dikomunikasikan dengan Asdep Industri Olahraga untuk bisa ada semacam tempat untuk produk-produk OKP di Asian Games," apresiasi Menpora. 

Kembali ke rencana kongres, bahwa nanti akan diikuti 2000-3000 orang, dengan mengambil tempat di ibukota Jakarta. Ada sebuah terobosan yang bisa dicontoh OKP/organisasi kemahasiswaan yang lain yaitu tidak semua akan diinapkan di hotel, sebagian akan bertenda ria semacam camping serta sebelum kongres akan diadakan Turnamen Olahraga Antar Pemuda Gereja.

"Saya berharap GMKI memulai transformasi budaya kongres dari suasana penuh ketegangan menjadi suasana gembira. Ingat, bekas kongres itu tidak akan hilang dalam satu tahun periode kepengurusan bahkan bisa menjadi dendam berkepanjangan, saya rasa dengan gagasan turnamen olahraga dan bahkan ada yang nginep di tenda bisa menjadi pencair suasana, sehingga estafet kepemimpinan baru menjadi jauh kondusif dan melahirkan kebersamaan," pesan Menpora.

Turut serta mendampingi, Stafsus Menpora Bidang Kepemudaan dan Anggaran Anggia Ermarini, Stafsus Menpora Bidang Komunikasi dan Kemitraan Zainul Munasichin, Stafsus Menpora Bidang Keolahragaan Tomy Kurniawan. Dari GMKI hadir, Bendum Yosroha Sitompul, Kabid Medko Jumadi Sinaga, Sekretaris Fungsi Olahraga Sumartono,  dan Sekretaris Fungsi Kasih dan Pelayanan Saddin Sitorus. (cah)