Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Richard Sambera Ingin Perenang Muda Indonesia Sumbangkan Medali di Asian Games 2018


Mantan perenang Indonesia Richard Sambera (kiri) mendampingi Menpora Imam Nahrawi mengunjungi beberapa tempat pelatnas untuk Asian Games 2018. Richard berharap perenang muda Indonesia dapat menyumbangkan medali di ajang Asian Games nanti (foto:kundimang/kemenpora.go.id)
Jakarta: Di dunia renang Indonesia, nama seorang Richard Sambera memiliki catatan prestasi yang membanggakan untuk Merah Putih. Salah satunya adalah meraih 23 medali emas SEA Games dari nomor individu dan estafet serta menyumbangkan medali perunggu di ajang Asian Games 1990, Beijing, China. Richrad berharap Asian Games 2018 nanti menjadi pembuktian bagi perenang Indonesia untuk menunjukan prestasi terbaiknya sebagai tuan rumah.  
 
Menurut sosok yang baru dilantik menjadi menjadi Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia periode 2018-2020 pada Mei lalu oleh Menpora Imam Nahrawi itu, tim Merah-Putih harus memaksimalkan keuntungan sebagai tuan rumah. Selain karena mengenal venue pertandingan lebih baik, dukungan langsung dari suporter juga akan membantu para atlet.
 
Medali yang didapatkannya di Beijing, China itu adalah medali Asian Games terakhir yang didapatkan Indonesia di cabang olahraga renang hingga saat ini. Sepanjang kariernya, Richard total meraih 23 medali emas SEA Games dari nomor individu dan estafet. Ia juga pernah memegang rekor di nomor gaya bebas 100m dengan catatan waktu 23,27 detik yang bertahan selama lebih dari satu dekade, sebelum dipecahkan perenang Singapura Joseph Schooling pada 2015.
 
“Di satu sisi, saya senang karena belum ada yang memecahkan. Tapi, di sisi lain, saya juga prihatin dan sedih karena Indonesia belum bisa lagi meraih medali Asian Games renang sejak 28 tahun lalu. Makanya, saya sangat berharap tahun ini Asian Games di Indonesia ada sejarah baru,” ucapnya. 
 
Salah satu atlet renang andalan Indonesia di Asian Games 2018 nanti adalah I Gede Siman Sudartawa, yang tak lain merupakan anak didik Richard di klub renangnya sendiri, Millenium Aquatic.  “Saya harap generasi yang sekarang di Asian Games 2018 ini perenang Indonesia bisa meraih lebih dari perunggu, saya harapkan medali emas,” lanjut Richard. (dok)