Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Rakor Sinergikan Asian Games dan Asian Para Games 2018, Menpora Tegaskan Semua Berjalan Baik


Menpora Imam Nahrawi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri di ruang rapat Lantai 1, Kemenko PMK, Rabu siang (6/6). Rakor tersebut untuk membahas Sinergi Persiapan Penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018.(foto:raiky/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Imam Nahrawi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri di ruang rapat Lantai 1, Kemenko PMK, Rabu siang (6/6). Rakor tersebut untuk membahas Sinergi Persiapan Penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018. 

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Usai rapat, Puan menyampaikan adanya rapat ini untuk mensinergikan pelaksanaan Asian Games dan Asian Para Games agar berjalan lancar karena waktunya berjelanjutan. 

"Karena berkelanjutan, jadi kami berharap bahwa penggunaan venue dan  penggunaan Wisma Atlet juga bahkan hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan kedua event internasional ini bisa berjalan sebagaimana yang kami harapkan dengan mengedepankan efisiensi, efektivitas dan sportivitas," kata Puan. 

"Karenanya di sini, saya mengundang para menteri juga dengan CdM Asian Games dan Asian Para Games sehingga  semua hal yang akan lakukan bisa terkoordinasi dan tersinergi. Sampai hari ini Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang krusial yang akan menjadi masalah kedepannya. Masalah keamanan juga sudah kami diskusikan dengan kepolisian dan juga TNI untuk membantu semua hal yang berkaitan dengan Asian Games dan Asian  Para Games," ujarnya. 

Sementara itu, Menpora mengatakan pertemuan ini sangat bagus. "Saya rasa pertemuan ini sangat bagus. Karena setelah Asian Games kita harus memanfaatkan yang sudah dilaksanakan oleh panitia Asian Games. Soal venus, transportasi dan volenter tidak ada sinkronisasi sehingga bisa jadi langkah ini yang paling efektif untuk efisiensi anggaran, " ucapnya. 

Masih katanya, Kemenpora terus mendorong penggunaan anggaran bisa dilaksanakan dengan baik. "Karena sebagai penggunaan anggaran tentu harus terus menerus memberi laporan kepada DPR, masyarakat dan juga pemeriksa. Makanya saya terus minta kepada INASGOC dan INAPGOC untuk memanfaatkan anggaran dengan sebaik mungkin. Karena ini akan terpengaruh dengan opini Kemenpora sebagai pengguna anggaran," katanya.

Terkait prestasi, lanjutnya, kita terus mendorong pada seluruh pimpinan cabang olahraga melakukan upaya-upaya kongkrit untuk memotivasi para atlet,  pelatih da  asisten pelatih  untuk lebih semangat lagi dan mereka betul-betul membuktikan bahwa Idul Fitri ini tidak ada cuti dan libur dan itu yang perlu kita apresiasi. Sudah barang tentu pengorbanan harus di dukung oke seluruh warga bangsa baik dengan semangat maupun doa. 

Sedangkan terkait  promosi,  Menpora menyampaikan  bahwa melakukan promosi Asian Games dan Asian Para Games tidak  cukup hanya  menempelkan logo Asian Games dan Asian Para Games tapi lebih  dari pada itu harus mencari kelebihan dari  proses perjalan para atlet yang kemudian memberi daya tarik baru bagi masyarakat agar tertarik dan menjadi idola bagi masyarakat. 

"Yang jelas kami tidak henti-hentinya  mempromosikan Asian Games dan Asian Para Games, begitu juga INASGOC dan INAPGOC. Piala dunia nanti menjadi kesempatan buat  mempromosikan Asian Games dan Asian Para Games dengan  cara memberikan kuis seputar Asian Games dan Asian Para Games," tutupnya. 

Hadir dalam rakor tersebut  Mensos Idris Marham, Sesmenpora Gatot S.Dewa Broto, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, dan Asisten Deputi bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian. Wagub DKI Sandiaga Uni, Ketua INAPGOC  Asian Para Games 2018 Raja Sapta Oktohari, CdM Asian Games 2018 Komjen Pol Syafruddin, CdM Asian Para Games 2018 Arminsyah. (rep)