Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Peserta Kirab Pemuda Bersama Menpora Belajar Mainkan Alat Musik Sasando

Kamis, 28 September 2017 17:00:00

Saat menginjak kaki ke Pulau Rote kurang lengkap tampaknya kalau tidak mencoba dan mendengarkan alunan musik Sasando sebagai alat musik khas asal Pulau Rote. Para peserta Kirab Pemuda 2017 bersama Menpora Imam Nahrawi dan istrinya Shobibah Rohmah tidak melewatkan untuk belajar alat musik tersebut, Kamis 28/9) sore. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Rote:Saat menginjak kaki ke Pulau Rote kurang lengkap tampaknya kalau tidak mencoba dan mendengarkan alunan musik Sasando sebagai alat musik khas asal Pulau Rote. Para peserta Kirab Pemuda 2017 bersama Menpora Imam Nahrawi dan istrinya Shobibah Rohmah tidak melewatkan untuk belajar alat musik tersebut, Kamis 28/9) sore.   
 
Menpora yang berada di Pulau paling selatan Indonesia ini langsung bertemu dengan pemusik Esau Nalle yang berhasil mengharumkan nama kepulauan Rote, Nusa Tenggara Timur lewat keahlianya bermain sasando. Ketika bertemu Menpora,  pria kelahiran Danggoen, 1 Agustus 1967 tersebut langsung di minta Menpora untuk memainkan lagu Indonesia Raya dengan sasando.  
 
"Coba mainkan lagu Indonesia Raya," ujar Menpora. "Harus di sesuaikan dengan nadanya dulu Bapak, nada Sasando ini tidak sama dengan alat musik pada umumnya," ujar Esau. Masih kata Esau, Sasando hanya terdiri dari 5 not yaitu, do,re,mi, sol, la tanpa fa, si. Esau pun melanjutkan permainan alat musiknya dengan memainkan lagu-lagu  daerah.  
 
Tidak berapa lama, Menpora pun tertarik untuk mencoba. Dengan mengunakan topi khas Pulau Rote Ti’i Langga, Menpora mencoba memetik senar Sasando. "Saya berharap agar masyarakat  dapat diberikan    ruang  untuk berniat belajar musik ini agar masyarakat khususnya  NTT perlu melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan kesenian tradisional," ujar Menpora. 
 
Menurut Esau, Sasando dimainkan dengan dua tangan dari arah berlawanan, kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Tangan kiri berfungsi memainkan melodi dan bas, sementara tangan kanan bertugas memainkan accord. 
Sasando dibuat dengan bahan utama yaitu bambu yang membentuk sebuah tabung panjang. Kemudian dibagian tengah, melingkar dari bawah ke atas di pasang penyangga atau ganjalan (dalam bahasa rote namanya senda) sebagai tempat bertumpunya dawai atau senar-senar yang direntangkan mengelilingi tabung bambu. (rep)
 
Bookmark and Share
Juli 2018
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31