Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Asean Scools Games 2017 Resmi Dibuka, Indonesia Siap Torehkan Prestasi Terbaik

Jumat, 14 Juli 2017 19:00:00

Perhelatan olahraga pelajar Asean Scools Games 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan Singapura Mr Ng Chee Meng. Opening Ceremony di Singapore Indoor Stadium, Jum'at (14/7) sore, dengan parade dan upacara yang diikuti seluruh kontingen. Datang sebagai perwakilan pemerintah Indonesia, Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti berharap seluruh kontingen Indonesia berjuang semaksimal mungkin untuk Merah Putih.(foto: muchlis/kemenpora.go.id)

Singapura: Perhelatan olahraga pelajar Asean Scools Games 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan Singapura Mr Ng Chee Meng. Opening Ceremony di Singapore Indoor Stadium, Jum'at (14/7) sore, dengan parade dan upacara yang diikuti seluruh kontingen. Datang sebagai perwakilan pemerintah Indonesia, Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti berharap seluruh kontingen Indonesia berjuang semaksimal mungkin untuk Merah Putih.  
 
Devile seluruh kontingen Asean School Games dalam pembukaan tampil begitu apik penuh semangat juang. Indonesia yang berada pada urutan devile ketiga tampil beda dengan seragam batik, latar belakang Candi Borobudur dan alunan aransemen energik lagu Bengawan Solo kebanggaan warisan leluhur. Ada pesan tersendiri yang ingin disampaikan bahwa dimanapun laga berjuang ada kekuatan luar biasa yang menyertai dan harus selalu digaungkan demi suatu cita-cita keberhasilan. "Anak-anak dan seluruh kontingen Indonesia tampil beda dengan batik, itu menandakan bahwa ada karakter dan kekuatan dasyat yaitu kekuatan budaya yang harus selalu dibawa dimanapun kita berjuang," kata Yuni usai pembukaan.
 
Nuansa pendidikan dan budaya begitu kental dalam kemasan pembukaan tersebut, gambaran peran orang tua, penanaman karakter nilai juang sejak dini, kebersamaan, begitu pula maskot ASG kali yaitu Nila yang menggambarkan sosok singa jenaka yang bersahabat tetapi tetap penuh keberanian, dan semangat juang (friendship, courage, and passion). "Saya berharap gotong-royong semuanya, orang tua, masyarakat, dan pemerintah demi pembinaan atlet-atlet sejak usia muda agar kedepan pada saatnya Indonesia menjadi raja, tidak hanya di Asean, tetapi di Asia dan dunia, Indonesia dasyat dan bisa," harap Yuni mengakhiri perbincangan.
 
Pembukaan ditandai dengan penyalaan obor oleh atlet muda wanita Singapura Jade Lim dilanjutkan pengibaran bendera Singapura sebagai tuan rumah dan bendera Asean sebagai simbol kebersamaan bangsa Asia Tenggara. Kibaran bendera merah putih kontingen Indonesia kali ini dipercayakan kepada mantan pebulutangkis nasional Luluk Hadiyanto. Hadir Asdep Pembibitan dan IPTEK Olahraga Washinton, Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Marheni Dyah Kusumawati, CDM Pura Darmawan, Wakil CDM M Aziz Ariyanto dan A Wiratama Hulu serta beberapa pejabat Kemenpora lainnya. (cah)
Bookmark and Share
Juli 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31