Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Ayo Bersepeda, Badan Menjadi Sehat


Jakarta: Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Malarangeng mengharap masyarakat semakin membudayakan olahraga bersepeda. "Bersepeda selain menjadi sarana olahraga yang menyehatkan badan, juga merupakan olahraga prestasi. 

Jadi harus terus ditingkatkan," katanya di sela pelepasan sepeda sehat di Plasa Utara Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (24/1). Menurut dia, di Indonesia olahraga bersepeda sangat populer. Khusus untuk olahraga prestasi hasilnya sudah mampu bicara di pentas SEA Games. 

 Dengan pembinaan berjenjang, kata dia, prestasi olahraga diharapkan terus bisa meningkat dan mampu berjaya di pentas internasional. "Olah raga bersepeda harus bisa bersaing dengan cabang olahraga yang lain. Saya yakin prestasi akan terus meningkat," katanya menambahkan. Ia menjelaskan, khusus untuk olahraga bersepeda rekreasi harus terus digalakkan. 

Selain untuk menyehatkan badan bersepeda juga untuk sarana transaportasi ke tempat kerja dan sekolah. "Kami berusaha mensinergikan sepeda dengan busway. Jika telah berjalan akan banyak mendapatkan keuntungan," katanya menjelaskan. Keinginan Menpora untuk mensinergikan sepeda dengan busway disambut positif oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. 

 "Kami akan mendukung program Pak Menteri. Semua fasilitas pendukung sudah ada, tinggal realisasinya," katanya di sela pelepasan Sepeda Sehat di Senayan. Sepeda sehat yang digelar oleh salah satu televisi swasta nasional itu diikuti sekitar 10 ribu perserta. Menpora Andi Malarangeng juga tercacat sebagai salah satu peserta. (Antara)