Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Porwanas di Palembang 12 Cabang


Jakarta. Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-10 yang akan digelar di kota Palembang tanggal 4 hingga 8 Februari mendatang menurut rencana akan dibuka oleh Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga, Andi Alifian Mallarangeng. "Upacara Pembukaan akan dimeriahkan atraksi terjun payung para peterjun Federasi Aerosport Seluruh Indonesia Sumsel, barongsai, dan drumband," kata Ketua PWI Sumsel, Oktap Ryadi.

Menurut rencana pesta olahraga antarwartawan tersebut mempertandingkan 12 cabang olahraga, yaitu Atletik, Biliar, Boling, Bridge, Bulutangkis, Bola Voli, Catur, Dayung, Futsal, Sepakbola, Tenis Meja, dan Tenis lapangan. Nomor Dayung yang akan dilaksanakan di Kayu Agung. 

Untuk mentertibkan administrasi peserta, panitia Porwanas ke-10 Sumatera Selatan 2010 menetapkan hari Kamis (21/1) mendatang sebagai batas waktu akhir bagi daerah-daerah untuk mendaftarkan nama-nama atlet dan ofisialnya (entry by name).

Ketua Seksi Wartawan Olah Raga (Siwo) PWI Sumsel Rafrison mengatakan pihaknya menghimbau seluruh daerah segera mendaftarkan nama-nama atlet dan ofisial mereka paling lambat Kamis (21/1). "Persiapan Porwanas sudah memasuki saat-saat akhir dan kami ingin memastikan nama-nama peserta untuk kepentingan teknis pelaksanaan Porwanas,” kata Rafrison, Senin (18/1).

Diakuinya, Porwanas kali ini juga melibatkan masyarakat karena ini permintaan masyarakat setempat. "Mereka ingin Porwanas X juga menjadi pesta olahraga wartawan dan masyarakat Sumsel,” tuturnya.

Ketika menerima pengurus SIWO Pusat dan Jaya, Menpora menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat mendukung profesi kewartawan. Bahkan bukan hanya wartawan, tapi juga setiap warga negara hendaknya melakukan kegiatan olahraga. "Dengan olahraga bisa melahirkan kesehatan pikiran, jiwa,  dan jasmani. 

Sebelum Porwanas ke-10 ini akan digelar seminar dan lokakarya (workshop) olahraga. Seminar akan menampilkan sejumlah pembicara, antara lain, Menpora Andi Alfian Malarangeng, Ketua Umum KONI/KOI Pusat Rita Subowo, Gubernur Sumsel Alex Nurdin, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Riau, Ketua Umum Klub Sepakbola Sriwijaya Dody Alex Nurdin. Sementara itu, pada lokakarya akan tampil wartawan olahraga senior Sumohadi Marsis, Sekjen PWI Pusat, Hendri CH Bangun, dan Ketua Siwo Pusat, Raja Pane. (todi/persdanetwork)