Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Satu BUMN, Satu Cabang


Jakarta. Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Mallarangeng meminta satu Badan Usaha Milik Negara membiayai satu cabang olahraga. Dengan begitu, pendanaan untuk masing-masing cabang olah raga akan lebih maksimal. Selama ini BUMN maupun perusahaan swasta selalu kebanjiran proposal permintaan dana untuk pembinaan berbagai macam cabang olahraga. Karena banyak yang mengajukan proposal, dana yang diperoleh justru malah sedikit. 

"Karenanya, ke depan kita akan minta satu BUMN membeayai satu cabang olah raga. Jadi nanti Menpora dan Menteri Negara BUMN bisa jadi 'biro jodoh' untuk memilihkan cabang olahraga mana dan akan didanai BUMN mana,” kata Andi Mallarangeng dalam pertemuan dengan SIWO Pusat dan Jaya beberapa waktu lalu. 

Andi juga menegaskan, pendanaan untuk setiap cabang olahraga ini penting sebagai salah satu persiapan SEA Games XXVI pada 2011 mendatang. Indonesia pada 2011 akan menjadi tuan rumah SEA Games XXVI, sehingga harus ada persiapan matang sejak dini. Jika ada persoalan internal di cabang olah raga, kata Menpora, harus segera diselesaikan. 

Demikian juga persoalan kepengurusan, pembinaan, dan pembibitan atlet harus segera dipersiapkan. Tentang hasil SEA Games XXV 2009 di Laos beberapa waktu lalu, Menpora Andi Mallarangeng mengaku bangga karena Indonesia berada di peringkat ketiga. “Kita akan evaluasi agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi,” katanya. (todi)