Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Futsal Lebih Berprestasi


Menpora Andi Mallarangeng berdiskusi dengan jajaran redaksi detik.com di kantor redaksi Jl.Bunncit, hari Kamis (29/4) sore. (foto:tyo/kemenpora.go.id)

Jakarta: Sepakbola dalam ruangan atau futsal nasional lebih berprestasi dibandingkan sepakbola lapangan karena olahraga tersebut tidak membutuhkan tubuh atlet yang tinggi. Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengatakan, futsal nasional lebih berprestasi dibandingkan sepakbola nasional. 

''Futsal saat ini berada pada ranking 43 dunia, sementara sepakbola di ranking 140 dunia,'' ujarnya saat melakukan kunjungan ke redaksi media online detik.com, Kamis (29/4). 

Futsal dapat berprestasi, menurut Menpora, karena olahraga tersebut terbilang baru dan sedang populer di kalangan kaum muda. Selain itu, faktor postur fisik juga menentukan. ''Dalam permainan futsal lebih banyak bola-bola bawah sehingga bagi pemain-pemain kita yang relatif pendek bukan masalah,'' katanya

Untuk menunjang popularitas futsal, menurut Menpora, perlu ditentukan standardisasi gedung dan lapangan futsal yang ada di Indonesia. Sayangnya, banyak gedung dan lapangan futsal yang tidak sesuai dengan standar. 

Menurut Menpora kondisi gedung futsal yang tidak sesuai standar memengaruhi kondisi fisik dan kesehatan pemainnya. Standardisasi yang dimaksud adalah kondisi sirkulasi udara dalam gedung futsal yang seringkali tidak diperhatikan. 
''Di Makassar sembilan orang meninggal di lapangan futsal dalam setahun. Faktor penyebabnya dari kondisi fisik yang dipaksakan saat bermain futsal juga kondisi sirkulasi gedung futsal yang kurang baik. Untuk itu, menurut Menpora, sudah harus dipikirkan mengenai standardisasi gedung futsal di Indonesia, ujar Menpora.

Futsal dapat berprestasi, menurut Menpora, karena olahraga tersebut terbilang baru dan sedang populer di kalangan kaum muda. Selain itu, faktor postur fisik juga menentukan. ''Dalam permainan futsal lebih banyak bola-bola bawah sehingga bagi pemain-pemain kita yang relatif pendek bukan masalah,'' katanya. (mal)