Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Dana Ditambah, Pembukaan dan Penutupan SEA Games Cukup Satu Provinsi


Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng hari Kamis (29/4) siang menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, untuk membahas alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan untuk Kemenpora. Menpora berharap ada tambahan alokasi anggaran di APBN P 2010 dan APBN 2011 untuk pelaksanaan SEA Games 2011 dan Paragames di Indonesia.

Rapat kerja siang itu diisi oleh pandangan dari sembilan fraksi terhadap permohonan perubahan APBN-P 2010 Kemenpora. Sebagaimana diketahui sebelumnya, Menpora berharap pada APBN-P 2010 setidaknya dialokasikan Rp 1 triliun dan Rp 1 triliun  lagi dari APBN 2011 untuk pendanaan SEA Games XVI pada 2011 nanti.  Namun jumlah yang disetujui sebelumnya hanya sebesar Rp 350 milyar. "Kami memang berharap adanya penambahan," kata Menpora.

Koordinator Badan Anggaran, Angelina Sondakh, menyatakan bahwa pihaknya telah merumuskan tambahan sebesar Rp 650 milyar untuk bantuan fungsi pendidikan, olahraga dan kepemudaan. Pimpinan Rapat Komisi X Rully Chairul Azwar membacakan hasil kesepakatan, antara lain dapat menyetujui pagu definitif Kemenpora sebesar Rp 350 miliar dan sepakat bahwa terdapat tambahan optimalisasi perubahan APBN-P 2010 sebesar Rp 600 milyar untuk sarana dan prasarana olahraga, pendidikan dan kepemudaan. 

Untuk menambah kekurangan dana SEA Games, bisa didapatkan melalui pihak ketiga, baik itu melalui sponsor atau melalui APBD propinsi bersangkutan. "Apapun dan berapapun yang kami dapatkan akan kami sesuaikan dengan alokasi yang diberikan, namun akan sangat membantu jika daerah-daerah dapat membantu juga dari APBD," jelasnya. Menpora juga mengatakan, menurutnya bantuan dari APBD akan lebih efektif jika dibandingkan dengan sponsor. "Karena jika dari sponsor, bisa ada bisa juga tidak," katanya. Menurutnya jika melalui APBD bisa dianggarkan sebelumnya dan lebih mudah disimulasikan pada daerah-daerah, berbeda dengan sponsor yang tidak dapat dipastikan sebelumnya. 

Disepakati juga bahwa kekurangan dana SEA Games dapat dianggarkan dalam RAPBN 2011. Selain itu juga disepakati bahwa pembukaan dan penutupan penyelenggaraan SEA Games akan dilaksanakan di satu provinsi yang penunjukkannya diserahkan kepada pemerintah.

Dalam Raker, Menpora didampingi Sekretaris Kemenpora Wafid Muharram, Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Sakhyan Asmara, Deputi V Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga Tunas Dwidharto, Staf Ahli Bidang Strategi Pembangunan Djohar Arifin Husin, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Olahraga James Tangkudung, Staf Khusus Bidang Olahraga Ivana Lie, dan Staf Khusus Bidang Kemitraan Lalu Wildan. (rin