Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Diresmikan, Kompetisi Sepakbola Anak-Anak, Aqua Danone Nations Cup


Menpora Andi Mallarangeng, Presdir Danone Indonesia Bernard Ducros, dan wakil dari PSSI, Rahim Sukasah, berdialog dalam acara pembukaan kompetisi Aqua Danone Nations Cup di hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta. (foto: muchlis/kemenpora.go.id)
Jakarta: Aqua Danone Nations Cup (Aqua-DNC) Indonesia resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Alifian Mallarangeng hari Kamis (29/4) pagi. Pembukaan Festival Sepakbola Anak Usia 12 Tahun Danone Nation Cup 2010 ditandai dengan Kick Off  oleh Menpora dan Rahim Sukasah (Ketua Bidang Pembinaan Usia Muda PSSI) di Ballroom Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, disaksikan Bernard Ducros (Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone Aqua)) dan Tani Sulaeman (Brand Director Danone Aqua). 

Dalam kata sambutannya kepada wartawan, Menpora mengaku sangat gembira jika ada yang memberikan kesempatan bagi pemain junior untuk berprestasi. Menurutnya, prestasi masa depan berada di tangan anak-anak. Karena pembinaan memang harus dimulai dari kecil dan dapat dilakukan oleh siapa saja. 

"Prestasi kita dimulai dari pembinaan. Tidak ada tim nasional yang bagus datang dari langit, bakat alam pun harus diasah dan dimulai dari usia muda. Seperti di Eropa, semuanya dibina dari usia muda, tidak hanya di cabang olahraga sepakbola tapi di semua cabang olah raga," kata Andi. 

Menpora  juga memberi apresiasi kepada Danone yang memberi kesempatan bagi anak-anak Indonesia usia 10 sampai 12 tahun untuk berlatih dan berkompetisi. Diharapkan semua pihak termasuk BUMN juga dapat memberikan pembinaan di bidang olahraga. 

Andi berharap, sepulangnya pemenang Danone Nation Cup di Afrika Selatan ke Indonesia, mereka tetap diberi pembinaan. "Momentum ini kita gunakan sebagai gerakan nasional kebangkitan sepakbola Indonesia, kebangkita prestasi sepakbola Indonesia," tegasnya. 

Sementara itu, Bernard Ducros menjelaskan dengan dibukanya Aqua DNC ini menandai dimulainya kompetisi sepakbola anak-anak di 12 kota sekaligus yaitu di Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Banten, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan Papua. Pendaftaran ditutup sampai pertengahan Mei 2010 dan dilanjutkan dengan babak kualifikasi dan final nasional di Jakarta 31 Juli-1 Agustus.
Pemenang dari babak final nasional tersebut akan mewakili Indonesia di ajang final dunia DNC pada 29 September hingga 3 Oktober di Afrika Selatan. "Diperkirakan sekitar 15 juta anak dari 40 negara akan berprestasi dalam DNC tahun ini," ujar Ducros. 

DNC adalah festival akbar sepakbola anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia yang diakui sebagai Piala Dunia sepakbola untuk anak-anak, mendapat dukungan FIFA (Federation Internationale de Football Association) dan icon DNC, Zinedine Zidane. Dia mengatakan, kompetisi ini adalah upaya untuk membantu anak-anak mewujudkan impiannya sekaligus kesempatan memperkenalkan berbagai kebudayaan dan bangsa-bangsa di dunia. (rma)