Apresiasi Munas ke-18 PP Perbasi, Kemenpora Harap Basket Indonesia Terus Tingkatkan Prestasi

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Nasional (Munas) PP Perbasi ke-18 Tahun 2024. Kemenpora berharap akan terpilih kepengurusan PP Perbasi periode 2024-2028 yang lebih baik, fokus pembinaan dalam meraih prestasi nasional dan internasional.

Apresiasi Munas ke-18 PP Perbasi, Kemenpora Harap Basket Indonesia Terus Tingkatkan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Nasional (Munas) PP Perbasi ke-18 Tahun 2024. Kemenpora berharap akan terpilih kepengurusan PP Perbasi periode 2024-2028 yang lebih baik, fokus pembinaan dalam meraih prestasi nasional dan internasional.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Nasional (Munas) PP Perbasi ke-18 Tahun 2024. Kemenpora berharap akan terpilih kepengurusan PP Perbasi periode 2024-2028 yang lebih baik, fokus pembinaan dalam meraih prestasi nasional dan internasional.

"Kemenpora selalu menyampaikan apresiasi kepada PP Perbasi yang telah menyelenggarakan Munas dengan rutin untuk menjaga konsistensi kepengurusan PP Perbasi di tanah air," kata Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, mewakili Menpora pada pembukaan Munas PP Perbasi di Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta, Senin (28/10) petang.

Menurut Deputi Surono, komitmen dan konsistensi melalui Munas ini merupakan kontribusi nyata bagi pencapaian prestasi basket di tingkat nasional dan juga internasional. 

"Munas Perbasi ini memiliki dua agenda utama, yakni perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PP Perbasi serta pemilihan Ketua Umum PP Perbasi untuk periode 2024-2028," urainya pada Munas yang mengangkat tema Basketball For All.

Cabor basket lanjutnya, menjadi salah satu cabor yang sangat favorit di Indonesia. Dalam DBON, pemerintah memandang basket sebagai cabor yang harus diberikan tempat disamping untuk sarana olahraga masyarakat, juga karena prestasinya.

"Semoga dengan Munas ini akan terpilih kepengurusan PP Perbasi yang terus lebih baik lagi. Fokus pada pembinaan olahraga bola basket dengan penuh kebanggaan dan keyakinan untuk membesarkan olahraga basket di Indonesia dalam meraih prestasi nasional dan internasional," paparnya.

"Kami berharap bapak ibu akan berusaha sekuat tenaga terus memberikan arah kebijakan olahraga bola basket yang akan melahirkan atlet berprestasi untuk meneruskan prestasi dan membesarkan nama bangsa. Selamat menjalankan Munas dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Plt. Ketua Umum PP Perbasi Ardima Rama Putra, atas nama mendiang Ketum PP Perbasi Danny Kosasih, menyampaikan terima kasih atas dukungan semua stakeholder dan pemerintah.

"Terima kasih semua dukungannya kepada stakeholder dan pemerintah karena kepengurusan Perbasi periode 2019-2023 telah mencatatkan sejumlah prestasi gemilang, diantaranya perolehan medali emas Timnas Basket Putra 5on5 di SEA Games 2021 Hanoi, medali emas Timnas Basket Putri 5on5 di SEA Games 2023 Kamboja," ujarnya.

"Selain itu, Timnas 3X3 Putri Indonesia meraih peringkat ketiga di FIBA 3X3 Asia Cup 2022 di Singapura, serta sukses menyelenggarakan Piala Asia 2022 dan FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina," imbuhnya

Menurut Ardima, kepengurusan saat ini telah berhasil menjaga tradisi tampil di FIBA U18 Asia Cup, dengan Timnas U18 Putra merebut tiket melalui SEABA Qualifiers di Malaysia. Pihaknya juga patut berbangga karena basket menjadi salah satu liga profesional yang industrinya sudah hidup.

"Kita sadar masih banyak yang harus diperbaiki di Perbasi, kita harap dari pengurus baru ini nantinya bisa melanjutkan cita-cita agar bola baket lebih berkembang dan lebih memasyarakat," tutupnya pada Munas yang diikuti 303 peserta yang terdiri dari 269 kabupaten/kota dan 34 provinsi.

Nampak hadir pada pembukaan Munas ini, FIBA Board Member yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Plt. Ketum PP Perbasi Ardima Rama Putra, Dirut LPDUK Ferry Kono, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman dan Ketua IADO Gatot S. Dewa Broto. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN