Menpora Dito Apresiasi TdBI 2024 sebagai Upaya Majukan Olahraga Balap Sepeda di Tanah Air

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024 sebagai upaya untuk memajukan olahraga balap sepeda di Indonesia.

Menpora Dito Apresiasi TdBI 2024 sebagai Upaya Majukan Olahraga Balap Sepeda di Tanah Air Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024 sebagai upaya untuk memajukan olahraga balap sepeda di Indonesia.(foto:herry/kemenpora.go.id)

Banyuwangi: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024 sebagai upaya untuk memajukan olahraga balap sepeda di Indonesia.

"Pertama-tama Kemenpora ingin menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan event Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024," kata Menpora Dito dalam sambutannya di titik finis TdBI 2024 Kantor Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/7) siang.

"Event ini adalah upaya nyata untuk memajukan olahraga balap sepeda di Indonesia. TdBI 2024 ini diikuti 10 tim dari berbagai negara termasuk Jepang, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Mongolia, Australia, Belanda," urai Menpora Dito.

Ajang yang menjadi agenda resmi organisasi balap sepeda dunia UCI (Union Cycliste Internationale) ini, menyajikan keindahan bentang alam Banyuwangi di track yang menantang sejauh 632 kilometer yang terbagi dalam 4 etape.

"Acara ini juga bertujuan untuk mengukir prestasi olahraga dan memotivasi masyarakat agar terus berolahraga demi kesehatan. Semangat para pembalap diharapkan menginspirasi masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari," harap Menpora Dito.

Event ini, lanjut Menpora Dito, juga berpotensi meningkatkan perekonomian wilayah Banyuwangi melalui sportourism yang menggerakkan industri wisata dan olahraga. 

"Saya juga apresiasi setinggi-tingginya kepada ibu Bupati dan Pak Menpan RB dimana Banyuwangi konsisten dalam menyelenggarakan event-event kelas dunia di sportourism seperti TdBI ini untuk yang ke-9 kalinya," jelas Menpora Dito.

Tour de Banyuwangi Ijen 2024 diikuti 99 pembalap dari 20 tim dalam dan luar negeri, para tim menurunkan pembalap andalannya yang pernah memenangi ajang serupa di sejumlah negara.

Pada Etape 1, para pebalap tour de ijen akan menempuh jarak sejauh 136,2 Km dengan medan yang relatif mendatar dari SMK Mabadiul Ihsan Karangdoro hingga Kantor Pemkab Banyuwangi. Etape 2 pebalap TdBI akan menempuh jarak 153 Km dari Pantai Pancur - Alas Purwo hingga Kantor Pemkab Banyuwangi dengan medan yang menanjak.

Kemudian Etape 3 para pebalap tour de ijen akan menempuh jarak sejauh 175,3 Km dari Dusun Kakao-Glenmore finish di Kantor Pemkab Banyuwangi dengan medan yang menguras tenaga menanjak tajam. Etape 4 para pebalap tour de ijen kembali akan menempuh jarak sejauh 167,5 Km dari Pantai Boom Marina finish di Ijen dengan medan pegunungan. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN